Dark/Light Mode

Untuk Tes Covid, Bandara Soekarno-Hatta Resmi Diperkuat Laboratorium Biosafety Level-2

Rabu, 6 Januari 2021 22:55 WIB
Untuk Tes Covid, Bandara Soekarno-Hatta Resmi Diperkuat Laboratorium Biosafety Level-2

 Sebelumnya 
Dengan adanya mobile laboratory di Bandara Soekarno-Hatta, spesimen dari PCR test dapat langsung diperiksa di mobile laboratory tersebut. Tak perlu dibawa ke laboratorium yang ada di luar bandara. Sehingga, hasilnya dapat diketahui lebih cepat.

Mobile Laboratory Biosafety Level-2 Varian Bus ini merupakan cikal bakal dari laboratorium permanen untuk testing Covod-19 di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga : Bandara Soekarno-Hatta Tertib, Proses Karantina Lancar

Salah satu kriteria penanganan Covid-19 di bandara adalah keharusan memiliki fasilitas laboratorium untuk test Covid-19.

"Ini sesuatu yang standar. Jangan sampai, kita ketinggalan dari bandara-bandara lain di dunia. PT Angkasa Pura II sedang membahas keberadaan dari fasilitas laboratorium ini di seluruh bandara yang kami kelola. Tentu saja, laboratorium ini bakal ada untuk pertama kali, di Bandara Soekarno-Hatta,” tutur Awaluddin.

Baca juga : Tingkatkan Layanan Tes Swab PCR, RS Royal Progress Resmikan Laboratorium Biomolekular

Ia menambahkan, kehadiran mobile laboratory dari BPPT ini merupakan bagian dari persiapan kami, untuk menghadirkan fasilitas laboratorium yang sifatnya lebih permanen.

Sementara itu, Kepala BPPT Dr. Hammam Riza mengatakan salah satu kunci dari penanganan Covid-19 adalah tracing, testing dan treatment (3T).

Baca juga : Kurangi Polusi, Kemenhub Resmikan Laboratorium Uji EmisiĀ 

“Untuk meningkatkan kapasitas pengujian Covid-19, BPPT meluncurkan inovasi Mobile Laboratory Biosafety Level-2 Varian Bus untuk mendekatkan laboratorium ke tempat yang membutuhkan seperti Bandara Soekarno-Hatta," ujar Hammam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.