Dark/Light Mode

OJK Harus Serius Lindungi Nasabah Jasa Keuangan

Senin, 11 Januari 2021 10:38 WIB
OJK Harus Serius Lindungi Nasabah Jasa Keuangan

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Center of Banking Crisis (CBC), Achmad Deni Daruri mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dipimpin Wimboh Santoso berperan aktif dalam menjamin perlindungan masyarakat di sektor keuangan.

Peringatan itu sekaligus menanggapi peristiwa terjadinya dugaan pemblokiran rekening nasabah 'DA' di Kantor Cabang Bank Mandiri (Persero) Tbk, Kebon Sirih, Jalan Tanah Abang Jakarta Pusat.

Deni menilai, OJK mempunyai tugas memberikan pelindungan pada nasabah perbankan sesuai aturan yang ada. Menurutnya, OJK wajib untuk memfasilitasi proses mediasi antara nasabah dan pihak bank guna memperoleh kesepakatan penyelesaian dalam masalah pemblokiran rekening ini. 

Baca juga : PPKM Mulai Berlaku Besok, BNI Pastikan Kebutuhan Transaksi Keuangan Terpenuhi

"Mediasi dan pelindungan nasabah harus diberikan. Jika pihak bank melakukan pelanggaran dan merugikan nasabahnya dapat dikenakan sanksi administrasi sesuai ketentuan berlaku, "tegas Deni seraya meminta OJK segera menyelesaikan masalah pemblokiran rekening nasabah, di Jakarta, Senin (11/1).

Di samping itu, Deni juga mendorong penguatan sistem pengawasan internal perbankan. Hal ini untuk mencegah terulangnya kasus kasus yang merugikan nasabah.  

Menurutnya, setiap bank wajib menetapkan sistem manajemen dan pengendalian risiko dengan benar."Pengawasan dan evaluasi perlu dilakukan supaya potensi masalah dapat terdeteksi sedini mungkin dan cepat ditangani, baik pihak bank maupun OJK. Dengan begitu, masalah yang merugikan nasabah dapat terhindari di masa depan," tegasnya.

Baca juga : Status Gunung Merapi Masih Siaga

Pakar perbankan ini juga meminta penyelesaian masalah di sektor keuangan dapat dilakukan dengan mekanisme hukum yang berlaku agar ada kepastian yang jelas bagi nasabah.

"Kita mendukung peran OJK dalam memberikan perlindungan bagi nasabah jasa keuangan untuk mengetahui duduk perkara yang tengah terjadi agar kasus ini dapat diselesaikan dengan baik sesuai peraturan berlaku," tuturnya

Bagi Deni, kepercayaan nasabah adalah terpenting yang harus dijaga untuk kelancaran bisnis perbankan. Jaminan keamanan atas dana nasabah yang disimpan harus betul betul diperhatikan dan dijaga. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.