Dark/Light Mode

Serap Hasil Pertanian Agro-Solution

Pupuk Indonesia Rangkul Bulog Kerek Kesejahteraan Pak Tani

Kamis, 14 Januari 2021 05:07 WIB
Penandatangan Nota Kesepahaman kedua belah pihak yang dilakukan langsung oleh Direktur Utama Pupuk Indonesia Achmad Bakir Pasaman dengan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso di Jakarta pada Selasa (12/1/2021). (Sumber : Perum Bulog).
Penandatangan Nota Kesepahaman kedua belah pihak yang dilakukan langsung oleh Direktur Utama Pupuk Indonesia Achmad Bakir Pasaman dengan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso di Jakarta pada Selasa (12/1/2021). (Sumber : Perum Bulog).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Indonesia (Persero) bersinergi dengan Perum Bulog menyerap hasil panen petani yang tergabung dalam Program Agro-Solution. Kerja sama ini jadi salah satu cara untuk menjamin ketersediaan pasokan pangan.

Direktur Utama Pupuk In­donesia Achmad Bakir Pasaman menjelaskan, Agro Solution adalah program pendampingan intensif kepada petani dan bu­didaya pertanian berkelanjutan, yang melibatkan rantai pasok.

Artinya, lanjut Bakir, program ini bertujuan meningkatkan produktivitas pertanian melalui penyediaan input pertanian, permodalan, akses terhadap off­taker dan juga asuransi.

Berita Terkait : Pupuk Indonesia Pastikan Pupuk Untuk Petani Aman

Diharapkan, bisa mendorong kenaikan pendapatan dan kesejahteraan petani. Sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap pupuk bersubsidi.

Sebab, penerapan Agro Solu­tion memanfaatkan pupuk non­subsidi. Saat ini, Program Agro Solution telah diimplementasikan di 5.838 hektare (ha) lahan di ber­bagai wilayah di Indonesia.

“Targetnya, tahun ini dapat dilaksanakan di 25 ribu hektare la­han pertanian, baik itu untuk padi, jagung maupun komoditi lainnya,” ujarnya, di Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Pupuk Indonesia Jamin Stok Pupuk Untuk Petani

Bakir berharap, target tersebut dapat lebih mudah tercapai dan berkembang dengan bergabung­nya Perum Bulog dalam Program Agro-Solution ini. Karena, kedua perusahaan pelat merah ini bersinergi dalam memfasili­tasi pembelian hasil panen Agro Solution.

“Bulog akan menjadi priori­tas dalam hal penyerapan hasil panen Agro Solution,” katanya.

Untuk diketahui, ruang lingkup kerja sama keduanya, meliputi pembelian hasil panen gabah kering oleh Bulog dari petani Agro Solution di lokasi-lokasi yang terjangkau Rice Milling Unit (RMU), atau Unit Pengantongan (UP) milik Bulog.
 Selanjutnya