Dark/Light Mode

Harga Murah Dan Akurat

Mulai 5 Februari, KAI Gunakan Alat Deteksi Corona GeNose Di Stasiun

Minggu, 31 Januari 2021 09:04 WIB
KAI pakai alat GeNose untuk deteksi Corona di Stasiun. (foto:KAI)
KAI pakai alat GeNose untuk deteksi Corona di Stasiun. (foto:KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - EVP Corporate Secretary PT Kereta Api Indonesia (KAI), Dadan Rudiansyah menyampaikan, mulai 5 Februari alat GeNose akan digunakan di stasiun untuk screening Covid-19 pada pelanggan KA Jarak Jauh di Stasiun Pasar Senen dan Yogyakarta. 

GeNose C19 adalah alat screening Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada ini memiliki keunggulan yaitu murah, cepat, dan akurat.

“Dengan Genose C19, calon penumpang akan lebih dimudahkan karena harganya yang terjangkau, serta memiliki akurasi sebesar 93-95%,” ujar Dadan, Minggu (31/1).

Baca juga : Genangan Air Di mana-mana, Jakarta Kudu Waspada Banjir

Dadan menjelaskan, keunggulan produk GeNose C19 dibandingkan dengan rapid test antigen dan swab test/PCR yaitu cepat diketahui hasilnya, hanya memerlukan waktu selama kurang lebih 3 menit.

GeNose C19 adalah alat yang meniru cara kerja hidung manusia dengan memanfaatkan sistem penginderaan (larik sensor gas) dan kecerdasan buatan (Artificial intelligence) dalam membedakan pola senyawa yang dideteksi. 

GeNose C19 melakukan screening melalui embusan nafas pasien Covid-19 dan merupakan perangkat yang dikombinasikan dengan software Artificial intelligence yang terlatih untuk membedakan sampel nafas yang diduga positif Covid-19 atau negatif Covid-19.

Baca juga : Deteksi Covid Secara Acak, Moda Transportasi Bus Terapkan GeNose

Alat GeNose C19 sendiri telah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan No Kemenkes RI AKD 20401022883 serta ditetapkan sebagai syarat kesehatan bagi individu yang melakukan perjalanan melalui Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 5 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 11 Tahun 2021,” ujar Dadan.

Penyediaan layanan GeNose Test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan serta wujud komitmen KAI untuk mendukung program pemerintah dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi umum.

Selain itu, kata Dadan, penggunaan produk karya anak bangsa ini juga merupakan dukungan KAI pada kampanye Bangga Buatan Indonesia yang sedang digalakan pemerintah pada masa Pandemi Covid-19.

Baca juga : Tunggu Regulasi Pemerintah, KAI Siap Tempatkan GeNose C19 Di Berbagai Stasiun

“KAI mendukung penuh penggunaan GeNose test di layanan kereta api. Tujuannya, untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang selamat, aman, nyaman, dan sehat sampai di tujuan,” tutup Dadan. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.