Dark/Light Mode

Rumah Sakit Darurat Mulai Dibangun Di Daerah

Patut Disyukuri, Penanganan Corona Tunjukin Hasil Positif

Jumat, 16 Oktober 2020 05:48 WIB
Rumah Sakit Darurat Covid-19. (Foto : Antara)
Rumah Sakit Darurat Covid-19. (Foto : Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Penanganan Covid-19 mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) memperbanyak rumah sakit darurat. Khususnya, daerah dengan pasien Corona yang tingkat kematiannya tinggi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Pemda yang mengalami kendala dalam pendirian rumah sakit darurat Covid-19, bisa berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca juga : Pertamina Ajak Masyarakat Bangun Usaha Mandiri, Dengan Mudah dan Menarik

Dia juga meminta daerah terus meningkatkan kualitas layanan rumah sakit. “Kami pun selama ini terbuka untuk memberikan bantuan penanganan Covid-19,” kata Wiku saat jumpa pers di akun YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (13/10).

Wiku memaparkan perkembangan kasus kematian mingguan Covid-19 nasional per 11 Oktober 2020. Terdapat lima provinsi yang menyumbang angka kematian terbesar.

Baca juga : Serius Tangani Pasien Corona, Pemerintah Sayang Rakyatnya

Yakni, DKI Jakarta sebanyak 65 jiwa, Jawa Tengah 7 jiwa, Kepulauan Riau 4 jiwa, Kalimantan Tengah 3 jiwa dan Sulawesi Tengah 2 jiwa.

“Angka kematian ini masih meresahkan, walau secara nasional angka kematian menurun sekitar 9,9 persen,” katanya.

Baca juga : Ruang Isolasi Pasien Corona Masih Cukup

Meski angka kematian pasien Covid-19 masih terus terjadi, Wiku meminta masyarakat tidak mengendorkan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan.

Dia meminta untuk terus memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. “Urusan keselamatan tetap harus menjadi prioritas,” tandas Wiku.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.