Dark/Light Mode

Bandara Banyuwangi Ditutup, Lion Air Group Batalkan Sejumlah Penerbangan

Senin, 8 Februari 2021 14:21 WIB
Bandara Banyuwangi Ditutup, Lion Air Group Batalkan Sejumlah Penerbangan

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai penerbangan Wings dan Batik Air yang tergabung dalam Lion Air Group membatalkan sejumlah penerbangan, menyusul penutupan Bandara Internasional Banyuwangi, Jawa Timur pada Senin (8/2) pukul 08.37 hingga 14.37 WIB.

Penutupan bandara tersebut merupakan imbas erupsi Gunung Raung sejak Minggu (7/2) malam yang berlangsung hingga hari ini. 

Berdasarkan pengamatan Petugas Pemantau Gunung Api (PPGA) Raung pada Senin (8/2), gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut itu tak hanya menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter dari puncak kawah, tetapi juga memantulkan cahaya api.

Sebagai informasi, material abu vulkanik (volcanic ash) dapat merusak struktur/ komponen pesawat udara, sehingga membahayakan penerbangan.  

"Untuk memastikan keselamatan dan keamanan (safety first), kami memutuskan untuk membatalkan penerbangan Lion Air Group," kata Corporate Communications Strategist Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Senin (8/2).

Baca juga : Calon Penumpang Diminta Hubungi Maskapai, Atur Ulang Jadwal Penerbangan

"Kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus termasuk force majeure, yaitu keadaan yang terjadi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan," imbuhnya.

Berikut rincian pembatalan tersebut:

Kedatangan Bandara Banyuwangi:

1. Wings Air penerbangan IW-1880 pukul 09.00 WIB dari Surabaya.

2. Batik Air penerbangan ID-6590 pukul 10.00 WIB dari Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.

Baca juga : Pasokan Batubara Terganggu, Listrik Dipastikan Nyala Hingga Maret

3. Lion Air penerbangan JT-594 pukul 06.25 WIB dari Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.  

Keberangkatan dari Bandara Banyuwangi:

1. Wings Air penerbangan IW-1881 pukul 10.10 WIB tujuan Surabaya.

2. Batik Air penerbangan ID-6591 pukul 12.20 WIB tujuan Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.

3. Lion Air penerbangan JT-593 pukul 09.00 WIB tujuan Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.  

Baca juga : Inspeksi ke Bandara Soetta, Menhub Pastikan Keselamatan Penerbangan

Terkait pembatalan penerbangan tersebut, Lion Air Group memberlakukan penjadwalan ulang keberangkatan (reschedule), dan melakukan pengembalian dana (refund) sesuai aturan berlaku.

"Operasional penerbangan Lion Air Group akan menyesuaikan (melayani atau terbang kembali) menurut keputusan otoritas bandara, dan bandara tujuan dinyatakan aman untuk lepas landas serta mendarat (safe for flight)," pungkas Danang. [HES]  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.