Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Penyebaran Covid-19

Selain Prokes 5 M, Bersihkan Ruangan Dengan Disinfektan Juga Penting

Minggu, 21 Februari 2021 16:22 WIB
Ruangan bersih bisa tekan penyebaran Covid-19. (Foto: Modinerze)
Ruangan bersih bisa tekan penyebaran Covid-19. (Foto: Modinerze)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerapan protokol kesehatan 5M saja tidak cukup untuk menekan penyebaran Covid-19. Perlu juga selalu membersihkan ruangan dengan disinfektan secara teratur.

Protokol kesehatan 5M adalah memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi kerumunan.

Dikutip dari kantor berita Reuters, Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah memastikan penularan lewat udara bisa terjadi, sejak tahun lalu. Hal itu, berdasarkan hasil temuan Clinical Infectious Diseases, jurnal yang disusun 239 ilmuwan dari 32 negara.

Baca juga : Pandemi Covid-19 Kerek Penjualan Produk Makanan Sehat Lifetime

Penularan melalui droplet atau percikan yang melayang di udara dalam kurun waktu cukup lama, saat terhirup bisa menular kepada yang menghirupnya.

"Covid-19 memang terkenal sangat mudah menular. Baik lewat droplet maupun permukaan berbagai benda yang sebelumnya telah terkontaminasi," tambah Sales Manager PT Hiutama Global Prima Yusar Surya Putra dalam keterangan tertulisnya kepada RM.id, Minggu (21/2).

Maka dari itu masyarakat tetap diminta untuk menjaga ruangan tetap bersih dan tetap memastikan udara segar tercukupi. Disamping tetap menjalankan protokol kesehatan 5 M.

Baca juga : Tetap Waspada, Isoman Dengan Disiplin Prokes

"Itu sebabnya rajin mensterilkan tangan dengan hand sanitizer ketika sulit menemukan tempat untuk mencuci tangan. Dan mensterilkan ruangan dan permukaan benda dengan cairan disinfektan," tambahnya.

Dia menyarankan, gunakan cairan disinfektan dan hand sanitizer bebas alkohol. Atau mengandung air dan senyawa quats sebagai bahan utamanya, agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit sensitif dan lembut di tangan.

Sehingga keluarga bisa terlindungi tak hanya dari virus tetapi juga jamur, bakteri, dan berbagai virus lainnya yang mudah menular. ’’Pilih juga yang lolos uji toxic sehingga tergolong medical grade disinfectant. Artinya 100 persen aman untuk penggunaan sehari-hari," sambung dia.

Baca juga : Bos Kliring Berjangka Indonesia Punya Jurus Jitu

Sementara dari hasil tes laboratorium yang dilakukan oleh Analytical Lab Group (ALG), Amerika, ditemukan fakta bahwa disinfektan di ruangan efektif mencegah Covid-19. Berangkat dari situ, Germ Killer yang merupakan hand sanitizer dan disinfektan asal Singapura melakukan tes laboratorium. 

"Hasilnya ditemukan fakta bahwa Germ Killer terbukti mampu membunuh SARS-CoV-2, virus penyebaran Covid-19 kurang dari 1 menit," jelas Yusar. "Dengan demikian kami bisa ikut berpartisipasi memutus rantai penyebaran Covid-19," sambungnya mengakhiri. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.