Dark/Light Mode

Gelontorkan Rp 1 M Buat USU

BTN Siap Ekspansi Ke Sumatera Utara

Kamis, 25 Februari 2021 05:20 WIB
Plt Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu saat acara penyerahan bantuan CSR.(Foto : Istimewa).
Plt Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu saat acara penyerahan bantuan CSR.(Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akan melakukan ekspansi bisnis di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Ren­cana itu tak lepas dari potensi besar penyaluran Kredit Pemi­likan Rumah (KPR) Subsidi di wilayah Sumut.

Market share KPR Subsidi di Sumatera, khususnya Su­matera Utara, ketiga terbesar setelah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan Jawa Timur,” jelas Plt Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu saat acara penyerahan bantuan Cor­porate Social Responsibility (CSR) kepada Universitas Sumut, di Medan, Sumatera Utara, kemarin.

Nixon mengatakan, dengan potensi yang sangat besar tersebut, perseroan ingin melakukan ekspansi bisnis, baik kredit maupun pengumpulan dana. Untuk mewujudkan hal itu, BTN melakukan sinergi dengan berbagai institusi, salah satunya dengan USU.

Baca juga : Kementerian ESDM Siapkan Aplikasi e-SMART Untuk Pemasangan PLTS Atap

Dengan USU, kata Nixon, selain menjalankan program CSR, pihaknya menawarkan layanan perbankan seperti KPR bagi dosen dan karyawan.

Dia menjelaskan, pihaknya menyalurkan CSR senilai Rp 1 miliar kepada USU untuk mendukung pengembangan dunia pendidikan. BTN akan merevitalisasi beberapa fasili­tas di USU.

“Manusia merupakan modal yang perlu terus berkembang melalui pendidikan. Karena itu, kami berharap melalui kegiatan CSR (Corporate So­cial Responsibilty) di USU ini dapat mendukung proses pen­didikan di Sumatera Utara,” jelas Nixon.

Baca juga : Jokowi Janjikan Rp 50 Juta Buat Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Di Sulbar

Selain menyalurkan CSR, BTN juga telah memberi­kan berbagai layanan per­bankan bagi universitas yang berdiri sejak 4 Juni 1952 tersebut. Emiten bersandi saham BBTN ini memberikan layanan berupa pengelolaan dana, pembayaran SPP online, payroll, cash management, dan tabungan mahasiswa. Per­seroan juga ikut menyediakan layanan pengelolaan keuangan bagi grup usaha USU.

Ke depannya, menurut Nixon, Bank BTN akan terus menghadirkan berbagai produk menarik. Salah satunya, perse­roan menawarkan produk anyar Tabungan BTN Investa bagi para calon profesional muda USU, hingga karyawan di kampus tersebut.

Rektor USU Muryanto Amin menyambut baik, rencana kerja sama dengan BTN. Menurut­nya, layanan perbankan akan memberikan kemudahan baik bagi dosen dan mahasiswa. Saat ini dosen dan karyawan USU masih banyak yang be­lum memiliki rumah. Untuk itu diharapkannya BTN bisa mem­fasilitasi kebutuhan tersebut.

Baca juga : Buru Singgasana Kedua

“Perbankan sangat penting dalam menunjang roda per­ekonomian di daerah. Kami berharap BTN juga bisa ber­peran dalam membangkitkan ekonomi di Sumatera Utara ini,” katanya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.