Dark/Light Mode

Dorong Milenial Papua, Pertamina Gelar Kuliah Umum Politik Inklusif Bareng Tanri Abeng

Kamis, 4 April 2019 21:59 WIB
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) yang juga ahli manajemen Indonesia, Tanri Abeng, saat menyampaikan kuliah umum di Auditorium Kampus Universitas Cenderawasih, Jayapura, Selasa (2/4). (Foto: Humas Pertamina)
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) yang juga ahli manajemen Indonesia, Tanri Abeng, saat menyampaikan kuliah umum di Auditorium Kampus Universitas Cenderawasih, Jayapura, Selasa (2/4). (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka meningkatkan peran milenial Papua untuk maju, Pertamina bersama Universitas Cenderawasih menggelar kuliah umum bertema "BUMN: Lembaga pelaku ekonomi negara dan politik ekonomi inklusif melalui BUMR" di Auditorium Kampus Universitas Cenderawasih Jayapura, Selasa (2/4).

Hadir sebagai pembicara dalam kuliah umum tersebut, adalah Dr. Tanri Abeng, MBA yang merupakan ahli manajemen Indonesia, sekaligus Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Baca juga : Apakah Polisi Mau Tangkap Andi Arief?

Kegiatan ini dihadiri para mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Kota Jayapura. Semisal Universitas Cenderawasih, IAIN Fathul Muluk Papua, ISBI Tanah Papua, USTJ Jayapura, STIKOM Muhammadiyah Jayapura, STIH Umel Mandiri, dan Universitas Ottow Gesiler Papua.

Dalam paparannya, Tanri Abeng menjelaskan kepada para mahasiswa Papua, mengenai konsep politik ekonomi inklusif yang menitikberatkan pengelolaan sumber daya yang dikelola oleh rakyat sendiri.

Baca juga : Tolak Perda Syariah, Bos PSI Beda Dengan Ahok

“Politik ekonomi inklusif merupakan konsep pengelolaan sektor unggul Indonesia, yang dilakukan oleh orang-orang Indonesia yang memiliki jiwa entrepreneurship, profesional, dan ahli di bidangnya. Serta didukung peran pemerintah, yang berpihak kepada rakyat,” terang Tanri.

Dijelaskan, Papua memiliki sumber daya alam yang lengkap. Mulai dari bidang pertanian, pariwisata, perikanan laut dan darat, perkebunan, kehutanan, hingga tambang yang berkontribusi besar bagi perkembangan daerah. Oleh karena itu, perlu pengelolaan yang baik dari masyarakat sendiri atau korporasi lokal/badan usaha milik rakyat (BUMR) seperti koperasi maupun usaha mikro lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.