Dark/Light Mode

Sambut Momen Pergerakan Positif Ekonomi Global

DPR Dorong Pemerintah Benahi Ekosistem Digital

Minggu, 28 Februari 2021 05:25 WIB
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendorong pemerintah serius melakukan pembenahan ekosistem digital di Indonesia. Hal itu dinilai saat ini sangat penting. Bukan hanya untuk menjaga pelaku usaha bisa bertahan di tengah pandemi, tetapi juga sebagai persiapan menyambut pergerakan positif ekonomi dunia.

Anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno meminta, dalam situasi dan kondisi perekonomian tidak pasti akibat pandemi Covid-19, pemerintah tetap harus berhati-hati.

“Optimis boleh saja. Tetapi, optimisme berhati-hati. Itu perlu diterapkan pemerintah, karena masih terdapat faktor-faktor ketidakpastian yang besar terhadap perekonomian,” ung­kap Hendrawan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Usaha Kecil Butuh Pembiayaan Digital

Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu menilai, Indonesia beruntung karena memiliki pasar domestik yang besar dan potensial. Sehingga, kinerja ekonomi bisa terus bergerak meski dihantam pandemi Covid-19. Selain itu, mempunyai sektor pertanian dan kelautan yang besar. Serta, sumber daya alami yang cukup memadai.

“Harga-harga komoditas yang naik di pasar internasional, ten­tunya ikut mengerek pergerakan ekonomi Indonesia ke depannya. Terlebih kalau Amerika mem­banjiri pasar dengan penam­bahan dolar AS yang agresif, imbasnya akan kita rasakan,” ujar Guru besar ilmu ekonomi Universitas Kristen Satya Wa­cana (UKSW) Salatiga itu.

Agar tidak kehilangan mo­mentum itu, lanjut dia, pemerin­tah harus membenahi ekosistem digital di Indonesia secara se­rius. Sehingga, akses masyarakat semakin terbuka lebar.

Baca juga : Tahun Ini, Pemerintah Punya Banyak Modal

“Ini penting, bukan saja untuk bertahan di saat pandemi seperti sekarang, tapi juga untuk kiprah produktif Indonesia di masa depan,” tegasnya.

Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kunta Dasa Wibawa Nugraha memastikan optimistis pemerintah mencapai target pertumbuhan tahun ini diatas 4, 5 persen tetap dibarengi dengan pertimbangan pengenda­lian pandemi Covid-19.

Untuk itu, pihaknya melaku­kan penguatan pengendalian Covid-19 dengan prioritas ke­bijakan vaksinasi, penguatan pengendalian, dan penerapan protokol kesehatan, termasuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro, serta Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga : Gerakkan Ekonomi, Mendag: Pemerintah Genjot Konsumsi Masyarakat

“Jadi kami tetap optimistis meski tetap waspada karena pandemi perlu dikendalikan sehingga ekonomi berangsur pu­lih,” ujar Kunta dalam webinar PEN 2021: Dukungan Berkelan­jutan Hadapi Pandemi, Rabu (24/2/2021).

Selain itu, pemerintah juga melakukan reformasi struktural baik melalui Undang-Undang Cipta Kerja, pembentukan Lem­baga Pengelolan Investasi (LPI), reformasi pendidikan, kesehatan dan lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.