Dark/Light Mode

Disuntik Mati, Goodbye Honda Jazz

Rabu, 3 Maret 2021 21:17 WIB
Honda Jazz. (Foto: ist)
Honda Jazz. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada kabar buruk buat pecinta Honda Jazz. Honda Prospect Motor (HPM) resmi menghentikan produksinya tahun ini.

Keberadaan Honda Jazz akan digantikan dengan Honda City Hatchback RS yang baru diluncurkan hari ini.

Baca juga : Toshihiro Mibe Ditunjuk Jadi Bos Honda Baru

“Sudah tidak diproduksi lagi,” ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy saat perkenalan Honda City Hatchback secara virtual, Rabu (3/3).

Kendati demikian, kata Billy, perusahaan akan terus mempelajari kebutuhan konsumen, sehingga tak menutup kemungkinan bahwa HPM akan memproduksi Honda Jazz, jika ada permintaan dari konsumen. 

Baca juga : Ma’ruf Teladan Para Manula

Menurut dia, saat ini stok Honda Jazz masih ada sekitar 300 unit di dealer. “Silakan di order,” ujarnya.

Apakah Honda Jazz di stop karena kurang laku? Billy menampiknya. Menurut dia, penghentian itu setelah melalui serangkaian studi. Ada kesimpulan bahwa konsumen Indonesia lebih tertarik pada Honda City RS ketimbang Honda Jazz.

Baca juga : Disuntik Vaksin, Wamenkes: Nggak Sakit, Nggak Pegel

Di segmen hatchback, saat ini Honda memiliki reputasi yang kuat dengan model-model seperti Honda Jazz dan Honda Civic Hatchback RS. Jika digabungkan, kedua model tersebut mendominasi segmen hatchback di sepanjang 2020 dengan pangsa pasar mencapai 48 persen. Dimana Honda Jazz sendiri secara konsisten terus memimpin segmen tersebut dari tahun ke tahun.

Lebih jauh, kesuksesan Honda di segmen hatchback tak lepas dari kontribusi varian yang memiliki karakter lebih sporty, yaitu varian RS. Pada tahun 2020, varian RS dari Honda Jazz sendiri berkontribusi lebih dari 90 persen dari total penjualan model ini. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.