Dark/Light Mode

Penuhi Kebutuhan Pelindo III

PLN Pasok Listrik Di Dermaga Pelabuhan Semarang

Kamis, 4 Maret 2021 16:21 WIB
Kiri ke kanan: General Manager Terminal Peti Kemas Semarang, Taufik Rahman, General Manager PLN UID Jateng DIY, Feby Joko Priharto, CEO PT Pelindo III Regional Jawa Tengah, Ali Sodikin, Direktur Teknik PT Pelindo III, Boy Robiyanto dan Manager PLN UP3 Semarang Donny Adriansyah. (Dok. PLN)
Kiri ke kanan: General Manager Terminal Peti Kemas Semarang, Taufik Rahman, General Manager PLN UID Jateng DIY, Feby Joko Priharto, CEO PT Pelindo III Regional Jawa Tengah, Ali Sodikin, Direktur Teknik PT Pelindo III, Boy Robiyanto dan Manager PLN UP3 Semarang Donny Adriansyah. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN penuhi kebutuhan pasokan listrik bagi PT Pelindo III (Persero) Regional Jawa Tengah. Melalui layanan Premium Silver, PLN akan memasok listrik sebesar 8.660 kilo Volt Ampere (kVA) untuk shore connection pada pelabuhan di Semarang, Jawa Tengah.

Shore connection adalah jaringan listrik yang dipasang pada dermaga untuk dipergunakan oleh kapal yang bersandar di pelabuhan.

Fasilitas ini digunakan untuk menggantikan sumber energi kapal selama bersandar yang sebelumnya menggunakan mesin kapal berbahan bakar minyak.

Baca juga : Dahana Lirik Pasar Di Sektor Pertambangan

Pelabuhan milik PT Pelindo III yang mendapatkan layanan prioritas premium antara lain Pelabuhan Tanjung Emas dan Terminal Peti Kemas Semarang.

"Selain itu PLN juga memberikan sambungan listrik kepada Pelabuhan Tegal dan Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap,” ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta, Feby Joko Priharto.

Feby menambahkan, sinergitas ini sejalan dengan salah satu tata nilai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni ‘Kolaboratif’. Sebagai perusahaan plat merah, PLN dan Pelindo III membangun kerjasama yang sinergis melalui program shore connection pelabuhan.

Baca juga : Dikebut Gibran, Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Ditarget Rampung 2022

Sementara itu, CEO PT Pelindo III Regional Jawa Tengah, Ali Sodikin mengungkapkan keuntungan menggunakan listrik PLN ketimbang bahan bakar solar.

“Kolaborasi dengan PLN melalui program shore connection ini sangat luar biasa, selain dari sisi penghasilan yang meningkat, juga membantu mengurangi biaya logistik. Kalau menggunakan listrik PLN bisa lebih efisien dan terjangkau maintenancenya,” ungkapnya.

Diharapkan dengan hadirnya layanan prioritas dari PLN dapat meningkatkan pelayanan Pelindo III kepada masyarakat dan berdampak signifikan untuk Provinsi Jawa Tengah melalui pasokan listrik yang handal dan terjamin. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.