Dark/Light Mode

Cari Pembiayaan, 3 BUMN Infrastruktur Siap Tawarkan Proyek Ke LPI

Selasa, 9 Maret 2021 11:53 WIB
Tol Jasa Marga. (Foto: ist)
Tol Jasa Marga. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Karenanya, sejak akhir tahun lalu pihaknya terus berdiskusi dengan LPI terkait bentuk kerja sama dari LPI, yakni dalam bentuk pelepasan saham jalan tol yang saat ini dimiliki anak usaha Waskita yaitu PT Waskita Toll Road. Saat ini, kepemilikan saham perseroan ada di 17 ruas jalan tol di Pulau Jawa dan Sumatera di mana 12 telah beroperasi, baik secara penuh maupun parsial.

"Dengan telah dilantiknya pengurus dari LPI, Waskita berharap proses tersebut dapat segera berlanjut ke tahap berikutnya dan transaksi divestasi beberapa ruas tol kepada LPIdapat terlaksana paling lambat semester 2 tahun ini," harapnya. 

Baca juga : SMF Gaet PII Kerja Sama Pembiayaan Pembangunan Proyek Perumahan

Selain itu, skema divestasi yang diharapkan juga yakni skema jual beli tunai. Mengingat, saat ini pemerintah juga sedang fokus untuk meningkatkan pembangunan bendungan dan infrastruktur air di Indonesia.

"Terbatasnya jumlah bendungan, embung dan penampung air lainnya, menyebabkan kapasitas tampungan air di Indonesia per 2019 baru mencapai 13,8 miliar m3 dari target 14,7 miliar," ungkapnya. 

Baca juga : Sudah Divaksin, Menpora Ingatkan Atlet Tetap Terapkan Prokes

Sementara itu, Pelaksana Tugas Executive Vice President Corporate Secretary Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menilai, LPI memiliki kapasitas keuangan yang besar diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif solusi pembiayaan dalam menyelesaikan penugasan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Di mana, perseroan telah mengoperasikan dua ruas tol di Jakarta dan tujuh ruas tol di Pulau Sumatera dengan tingkat IRR (internal rate of return) yang positif serta lalu lintas harian yang baik. "Hal ini menjadikan aset konsesi tol tersebut cukup menarik untuk ditawarkan kepada LPI," akunya. 

Baca juga : Investor Siap Kucurkan Modal Rp 133 T Ke LPI

Untuk itu, pihaknya siap menawarkan sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera dengan skema yang ditawarkan dalam bentuk divestasi atau pengalihan konsesi untuk jangka waktu tertentu. "Dana yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk membangun ruas tol baru di Sumatera," tandasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.