Dark/Light Mode

Mantap, Ketepatan Waktu Penerbangan di Bandara Soetta Tembus 93,8 Persen

Minggu, 7 April 2019 11:21 WIB
Terminal 3 Bandara Soetta, kini semakin memanjakan para traveler dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan seperti area bermain anak, pojok baca, co working space, dan sebagainya. (Foto: Humas AP II)
Terminal 3 Bandara Soetta, kini semakin memanjakan para traveler dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan seperti area bermain anak, pojok baca, co working space, dan sebagainya. (Foto: Humas AP II)

 Sebelumnya 
Modul AODB berguna untuk menyimpan data operasi. Sedangkan AMS dan RMS, untuk memonitor serta mengendalikan operasional bandara. Misalkan untuk mengatur sumber daya seperti parking stands, boarding gate, dan check in counter.

NMS berguna untuk menampilkan kinerja jaringan dan perangkat teknologi informasi dalam mengelola serta mendistribusikan data operasi ke sejumlah stakeholder.

Sedangkan EMS, berfungsi untuk memonitor, mengendalikan dan mengelola kehandalan fasilitas-fasilitas utama bandara.

Baca juga : BMKG Hadirkan Sistem AWOS Karya Generasi Milenial

“Kami sangat yakin jika proyek runway ketiga dan east cross taxiway sudah selesai, maka jumlah penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta akan semakin meningkat, dan diiringi dengan tingkat OTP yang semakin tinggi,” jelas Awaluddin.

Sebelumnya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta masuk di peringkat 6 dalam daftar bandara terbaik di dunia 2019 yang melayani 60-70 juta penumpang per tahun.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Skytrax, lembaga independen asal Inggris, berdasarkan survei pelayanan dan fasilitas yang dilakukan terhadap penumpang pesawat di 550 bandara di seluruh dunia pada Agustus 2017 hingga Februari 2018.

Baca juga : Jokowi Resmikan 3 KEK di Indonesia Timur

Dalam kategori Best Airport 2019: 60-70 Million Passenger ini, peringkat Soekarno-Hatta mengungguli Bangkok Suvarnabhumi (7), Dallas/Fort Worth (8), Delhi (9), dan New York JFK (10).

"Pengembangan hard infrastructure dan soft infrastructure membawa Soekarno-Hatta sejajar dengan bandara-bandara berkelas dunia lainnya. Saat ini, Soekarno-Hatta sudah sejajar dengan bandara berkelas dunia lainnya. Sejak beberapa tahun ini, AP II dan seluruh stakeholder termasuk pemerintah telah mengoptimalkan dan memaksimalkan pengembangan di Soekarno-Hatta demi meningkatkan pelayanan," papar Awaluddin.

"Kami bersyukur, pengembangan yang dilakukan ini mendapat apresiasi positif dari para penumpang pesawat. Berada di 10 besar bandara terbaik dunia, tepatnya berada di peringkat 6, merupakan hasil dari komitmen dan kerja keras seluruh stakeholder di Soekarno-Hatta demi mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional,” tambahnya.

Baca juga : Peringkat Dunia Bandara Soekarno Hatta Tembus Top 40

Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini merupakan bandara tersibuk di Indonesia, dengan jumlah penumpang per tahun mencapai lebih dari 60 juta penumpang. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.