Dark/Light Mode

Dongkrak Investasi Dan Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Libatkan Dunia Usaha

Kamis, 25 Maret 2021 20:40 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Penerapan PPKM Mikro ini telah berhasil menurunkan angka kasus aktif, angka kematian dan Bed Occupancy Ratio (BOR), serta meningkatkan angka kesembuhan.

“Bahkan prosentase kasus aktif Indonesia lebih rendah dari pada global dan kita berhasil ke single digit sebesar 8,39 persen, dibandingkan dengan global yang mencapai 17,02 persen,” kata Airlangga.

Upaya Pemerintah untuk Peningkatan Investasi

Baca juga : Sinergi Pemerintah-Masyarakat Dapat Tingkatkan Budaya Literasi

Airlangga menyebutkan, Indonesia memiliki misi menjadi negara yang bisa keluar dari middle income trap pada tahun 2045.

“Pandemi ini tidak menghalangi Indonesia untuk menyelesaikan pekerjaan kita dalam melakukan reformasi struktural secara nasional, salah satunya melalui penerapan UU Cipta Kerja. UU ini akan menyederhanakan, menyinkronkan, dan mengefektifkan peraturan yang seringkali menghambat kegiatan bisnis Indonesia,” sambungnya.

Selain membentuk Indonesia Investment Authority (INA) sebagai lembaga pengelola investasi, pemerintah juga tetap melanjutkan Proyek Strategis Nasional (PSN) di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga : Pemerintah Andalkan Penerimaan Pajak

Dengan total 201 proyek dan 10 program yang memiliki nilai investasi lebih dari Rp 4,817 triliun, pembangunan infrastruktur melalui PSN ini akan membantu pemerataan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia serta meningkatkan investasi.

Peningkatan kerja sama ekonomi internasional juga dilakukan salah satunya melalui Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan Foreign Direct Investment (FDI).

Akses pasar RCEP saat ini adalah sebesar 186 miliar dolar AS atau Rp 2.682,12 triliun. Meliputi 30 persen dari Gross Domestic Product (GDP) dunia.

Baca juga : Isu Presiden 3 Periode Digulirkan Kelompok Anti-Pemerintah Untuk Jerumuskan Jokowi

“Berbagai strategi ini akan berhasil, jika kita mendapat dukungan dari semua pihak. Termasuk, dari dunia usaha. Pemerintah akan berupaya menciptakan iklim investasi yang kondusif. Untuk itu, dunia usaha dipersilakan memanfaatkannya dengan baik. Mari bersama-sama membantu pemerintah, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi,” pungkas Airlangga. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.