Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmikan MRT di Tengah Lautan Manusia

Jokowi Banjir Keringat

Senin, 25 Maret 2019 09:18 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat peresmian MRT Jakarta di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat peresmian MRT Jakarta di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah lama dinanti, MRT yang ditunggu-tunggu itu akhirnya diresmikan, Minggu (24/3). Acara yang dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia (HI) itu, berlangsung meriah. Lautan manusia hadir. Presiden Jokowi yang meresmikan, sampai banjir keringat. Jokowi juga banjir pujian.

Sejak uji coba pertengahan bulan kemarin, MRT langsung jadi sorotan dan perbincangan publik. Banyak yang tak sabar ingin menjajal moda transportasi baru yang membuat kita bangga itu. Ingin tahu dari dekat bagaimana bentuknya, kecanggihannya, pelayanan, dan sebagainya. Maklum, MRT adalah transportasi andalan negara maju.

Indonesia punya sejarah panjang untuk menyelesaikan moda transportasi ini. Sebelum meresmikan, Jokowi kembali menjajal MRT. Untuk ketiga kalinya. Eks Walikota Solo itu naik MRT pukul 7.30 pagi. Dari Stasiun Istora Mandiri, Senayan menuju Stasiun Bundaran HI. Sejumlah artis ikut menemani Jokowi. Seperti Reza Rahardian, Nirina Zubir, Andien, dan Anggun C Sasmi. Para Menteri Kabinet Kerja juga ikut mendampingi. Seperti Menkopolhukam Wiranto, Menkeu Sri Mulyani, Mensos Agus Gumiwang dan Menkes Nila Moeloek. Semua menteri kompak mengenakan kemeja putih.

Jokowi tampil santai. Mengenakan kaos abu-abu lengan panjang yang digulung hingga siku, dipadu celana denim biru, dan sepatu kets warna hitam.

Tiba di Stasiun Bundaran HI, Jokowi berjalan menuju panggung yang berada di depan air mancur Bundaran HI. Sampai di lokasi, dia tak langsung naik ke atas panggung. Dia memilih menyalami dan menyapa warga yang sudah hadir sejak pagi. Dikawal puluhan Paspampres, Jokowi membelah lautan manusia. Melayani dengan ramah permintaan salaman dan selfie.

Acara peresmian ini memang barengan dengan acara Car Free Day. Setengah jam berkeliling, Jokowi sampai juga ke atas panggung. Tangan kanannya menenteng handuk putih kecil, yang digunakan untuk menyeka keringat di wajah dan leher. Wajah mantan Gubernur DKI itu bercucuran keringat. Bajunya sampai ikutan basah.

Baca juga : Awali Kampanye Terbuka Di Banten, Jokowi Pamer Tiga Kartu Sakti

Melihat Jokowi keringetan, ajudan spontan memberikan botol air mineral. Jokowi langsung menenggaknya.

Acara dibuka dengan sambutan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam laporannya, Anies menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan dalam perencanaan, pembangunan, hingga penyelesaian MRT.

Anies berterima kasih ke Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), hingga para menteri Kabinet Kerja. Juga para gubernur Jakarta. Mulai dari Sutiyoso hingga Djarot Saiful Hidayat. Dia juga menyebut, Kedutaan Besar Jepang, JICA, dan mitra dalam proyek pembangunan MRT Jakarta. Anies mengatakan, pembangunan MRT Jakarta sempat mengalami dinamika panjang. Namun, pasang surut sekitar 30 tahun itu akhirnya berhasil diatasi.

Anies berharap, MRT memberikan kenyamanan dan kemudahan. Selain itu, dapat membentuk perilaku dan karakter warga Jakarta yang maju dan beradab.

"Selamat menjadi warga kota global. Mari kita manfaatkan MRT ini sebaik-baiknya, dengan turut menjaganya sebagai aset bersama," kata Anies.

Sementara, dalam sambutannya Jokowi berharap dengan kehadiran MRT tumbuh budaya baru bertransportasi. Dia meminta para pengguna MRT bisa disiplin dan menjaga moda transportasi ini. Misalnya, Jokowi mengimbau para pengguna tidak buang sampah sembarangan.

Baca juga : Jokowi Nunjuk Dada Berkali-kali

"Jaga agar MRT dan stasiun-stasiun yang kita miliki, tidak kotor," tuturnya. Selain itu, demi keamanan dan kenyamanan, Jokowi mengajak masyarakat lebih tertib dengan membudayakan antre dan disiplin waktu.

"Jangan berdesak-desakan. Antre dan disiplin waktunya. Jangan sampai pintunya mau ketutup baru masuk, kejepit pintu nanti," ucapnya.

Terakhir, Jokowi mengatakan pembangunan MRT tahap selanjutnya akan segera dilakukan. Jokowi mengutarakan rencana pemerintah segera memulai fase dua MRT dalam waktu dekat.

Fase kedua MRT itu nantinya akan mencangkup Jakarta wilayah utara. Jokowi meminta agar pembangunan LRT juga segera dirampungkan.

Hingga akhir tahun ini Jokowi mencanangkan LRT dapat tersambung dengan wilayah Depok dan Bekasi. Dia berharap pembangunan koridor tersebut bersamaan dengan pembangunan koridor Timur-Barat.

Jokowi meminta rencana penyelesaian MRT rute Barat-Timur dan LRT rampung tahun ini. "Saya sudah perintahkan untuk memulai yang rute timur ke barat juga dimulai tahun ini. Setuju tidak? Yang setuju, tunjuk jari," ucap Jokowi sambil mengacungkan jari.

Baca juga : Fitch Pertahankan Rating Indonesia, Sri Mulyani Girang

Hadirin membalas seruan tersebut dengan mengacungkan telunjuk. Para menteri yang berbaris di belakang Jokowi turut mengacungkan satu jari. Antara lain, Menhub Budi Karya, Menkopolhukam Wiranto, Seskab Pramono Anung, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menkes Nila Moeloek.

Hanya Anies yang diam saja. Mantan Mendikbud itu terlihat hanya tersenyum melihat aksi pose satu jari. Peresmian MRT mendapat sambutan hangat dari netizen. Tak sedikit dari mereka yang memuji Jokowi.

"Saya dengar gagasan untuk bangun MRT sejak BJ Habibie jadi Menristek. Ide ini berlanjut ke pemerintahan-pemerintahan berikutnya. Jokowi dan Ahok merealisisir ide yang semula tampak terlalu ambisius itiu, dilanjutkan Anies Baswedan. Semua dicatat, semua dapat tempat," kicau @gm_gm.

"Terima kasih, Pak @jokowi & @basuki_btp. Terima kasih juga kepada Presiden Habibie yang menggagas di tahun 90-an, dan tokoh-tokoh lainnya yang ikut serta mewujudkannya," cuit @addiems. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.