Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadapi Momen Larangan Mudik

Tetap Beroperasi, Garuda Dan ASDP Lagi Otak-atik Jadwal

Selasa, 13 April 2021 05:40 WIB
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. (Foto : Rakyat Merdeka/RM.id).
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. (Foto : Rakyat Merdeka/RM.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan tetap memberikan pelayanan transportasi pada momen larangan mudik Lebaran. Hanya saja, kedua perusahaan pelat merah itu kini sedang menyiapkan program agar tidak bertabrakan dengan kebijakan pemerintah.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, tengah mempersiap­kan langkah antisipatif terkait kebijakan operasional layanan penerbangan untuk mendukung pelaksanaan larangan mudik.

“Kami lakukan penyesuaian frekuensi dan jadwal penerbangan sesuai kebutuhan, penyesuaian kebijakan operasional pada lini layanan pre-flight, in-flight dan post-flight sebelum, selama, dan setelah periode larangan mudik,” ujar Irfan, melalui pesan singkat kepa­da Rakyat Merdeka, Senin (12/4).

Baca juga : Pak Jokowi, Puan Nanduk Tuh

Dia menuturkan, ketersediaan layanan udara disiapkan untuk melayani masyarakat yang dike­cualikan berpergian pada periode larangan mudik dengan tetap mengacu pada syarat perjalanan dan regulasi yang berlaku.

“Kami tentunya mendukung kebijakan ini, mengingat upaya pengendalian tersebut dilakukan guna mengoptimalkan percepatan penanganan pandemi Covid-19,” ucapnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Garuda akan mengoptimalisasi layanan penerbangan kargo un­tuk mendukung distribusi logis­tik dan berbagai kebijakan an­tisipatif pada ranah operasional lainnya. Sebab, kebutuhan dis­tribusi logistik akan meningkat secara signifikan jelang perayaan Idul Fitri. Preferensi kebutuhan masyarakat dalam mengirimkan barang sebagai sarana silaturahmi akan semakin meningkat.

Baca juga : ASN Yang Nekat Terancam Dipecat

“Salah satunya, yang akan kami optimalisasikan yakni melalui layanan Kirim Aja dan penerbangan kargo,” kata Irfan.

Ia menambahkan, untuk memastikan berbagai langkah penye­suaian tersebut berjalan optimal, pihaknya terus melakukan koordinasi intensif dengan stakeholders layanan kebandarudaraan lainnya.

“Kami akan terus memonitor trafik penumpang jelang pem­berlakuan kebijakan pengenda­lian transportasi ini,” tuturnya.

Baca juga : Kapolri Pendengar Yang Baik

Ia berharap, ketentuan larangan mudik ini dapat dimaknai sebagai upaya pencegahan penu­laran. Serta, akselerasi pemulihan ekonomi yang lebih luas. Hal ini selaras dengan momen­tum vaksinasi nasional yang telah dilaksanakan Pemerintah sejak awal 2021.

Irfan mengimbau masyarakat yang telah merencanakan per­jalanan bertepatan dengan periode larangan mudik tersebut, untuk dapat segera melakukan penye­suaian rencana penerbangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.