Dark/Light Mode

Menteri Erick: Masa Tiap Tahun Impor Daging Terus

Bos RNI Godok Pembelian Peternakan Sapi Di Belgia

Jumat, 23 April 2021 05:21 WIB
Sapi Belgian Blue. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana membeli peternakan sapi di Belgia. (Foto: dok. Kementerian Pertanian).
Sapi Belgian Blue. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana membeli peternakan sapi di Belgia. (Foto: dok. Kementerian Pertanian).

 Sebelumnya 
Target Holding

Arief mengungkapkan, pem­belian peternakan akan menjadi target Holding BUMN Pangan.

“Pembentukan holding ditar­getkan pada kuartal III tahun ini. Nanti, rencana itu bisa direalisasikan,” ujarnya.

Baca juga : Erick Mau Beli Peternakan Sapi Di Belgia, PKB: Genjot Juga Produksi Peternak Lokal

Dengan terbentuknya holding, lanjutnya, PT Berdikari (Per­sero) nanti yang akan mengurus persoalan daging.

Untuk diketahui, BUMN lain­nya yang tergabung dalam hold­ing pangan, yakni PT Pertani (Persero), PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus, PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, PT Perusahaan Perda­gangan Indonesia (Persero) atau PPI, PT Garam, Perikanan Indo­nesia (Persero) atau Perindo, dan PT Sang Hyang Seri (Persero).

“Targetnya (pembelian peter­nakan sapi) di Januari 2023,” ujarnya. Selain peternakan sapi, Arief menambahkan, pihaknya juga berencana mengembang­kan pertanian garam di luar negeri. Kemungkinan lokasinya, di Australia.

Baca juga : Menteri Erick Dipuji DPR

Sebelumnya, Menteri Erick menyampaikan keinginannya memiliki peternakan sapi kepada Dubes Indonesia untuk Belgia, Andri Hadi. “Kalau ada peterna­kan sapi di Belgia, mau dijual, kita beli, BUMN yang beli. Masa, kita impor sapi terus 1,5 juta tiap tahun,” kata Erick dalam webinar Milenial Hub: Milenial Fest x PPI Belgia, Sabtu (17/4).

Nantinya, perusahaan BUMN yang membeli dan mengelola peternakan sapi tersebut guna memenuhi kebutuhan daging sapi dalam negeri.

Hal itu direspons singkat oleh Dubes Andri. “Sip, kita cari, pak,” jawab Andri.

Baca juga : Erick Mau Beli Peternakan Sapi Di Belgia, Irma Chaniago: Pemikiran Cerdas!

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), impor daging jenis lembu pada Maret tercatat sebanyak 11,27 ribu ton dengan nilai 36,83 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 535 miliar. Impor ini naik 44,22 persen dibanding Februari 2021 sebanyak 7,81 ribu ton. Bahkan, dibanding periode sama tahun sebelumnya, impor daging juga naik double digit yakni 17,46 persen, tercatat sebanyak 9,6 ribu ton di Maret 2020. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.