Dark/Light Mode

Siagakan 31 Ribu Personel

PLN Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Jelang Idul Fitri 1442 H

Selasa, 11 Mei 2021 14:23 WIB
Ilustrasi. (Dok. PLN)
Ilustrasi. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) terus memperkuat keandalan ketenagalistrikan jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Diterangkan Direktur Bisnis PLN Regional Jawa, Madura, dan Bali, Haryanto W.S, pihaknya memprediksi beban listrik di Jawa, Madura dan Bali (Jamali) selama perayaan Idul Fitri 2021 akan meningkat akibat adanya kebijakan pelarangan mudik oleh pemerintah.

"Beban terendah saat Idul Fitri normal, atau saat masyarakat boleh mudik sekitar 16.000 sampai 17.000 MW. Kami memprediksi beban tahun ini sekitar 20.000 MW," kata Haryanto dalam konferensi pers virtual PLN di Jakarta, Selasa (11/5).

Sementara itu, secara data year on year pada 2020, realisasi beban listrik saat Lebaran tercatat sebesar 19.000 MW, atau lebih rendah dibandingkan proyeksi beban pada 2021 yang mencapai 20.201 MW.

Baca juga : PLN Pastikan Kelistrikan Di NTT Sudah Pulih 100 Persen

"Kurva sejak 6 Mei terus turun dari sekitar 25.000 MW sampai nanti paling rendah saat Lebaran tanggal 13 Mei pada angka 20.000 MW. Kemudian naik lagi bertahap sampai normal pada Senin (pekan depan)," kata Haryanto.

Secara kelistrikan, PLN menyimpan cadangan sebesar 9.028 MW untuk mengantisipasi kenaikan beban listrik selama Lebaran 2021 dan memaksimalkan regional balance dengan melakukan transfer daya dari wilayah timur ke barat.

Adapun dari sisi energi primer berupa batu bara, gas, dan BBM ini juga sudah dilakukan pengamanan agar selama Lebaran dan pasca Lebaran juga berjalan baik.

Sumber pembangkit listrik dipasok dari PLTU Cikarang, PLTU Paiton, PLTGU Muara Tawar, PLTA Saguling hingga PLTG Grati.

Baca juga : Kisah Perjuangan PLN, Pulihkan Kelistrikan Di Pulau Sabu Usai Badai Seroja

Untuk persiapan Idul Fitri, PLN juga melakukan asesmen dan pemeliharaan fasilitas kelistrikan mulai dari pembangkit, transmisi, dan distribusi.

"Bahkan ada pembangkit yang sengaja kami padamkan untuk dipelihara karena beban rendah," kata Haryanto.

Senada, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana memastikan pasokan listrik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dalam kondisi aman dan cukup.

Ia memastikan, kondisi pasokan tenaga listrik pada sistem Jawa-Bali berada pada kondisi normal.

Baca juga : Jelang 100 Hari Transisi Blok Rokan, DPR RI Minta Pertamina Selesaikan Kendala Listrik

"Selain itu, berdasarkan pengalaman, kecenderungan beban puncak menurun dibandingkan bulan-bulan sebelumnya karena berkurangnya aktivitas industri," ujar Rida dikutip dari laman Kementerian ESDM di Jakarta, Selasa.

Rida juga mengatakan secara umum pasokan daya listrik di seluruh Indonesia pada 22 sistem kelistrikan dalam kondisi cukup dan aman. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.