Dark/Light Mode

Stok Banyak dan Permintaan Normal

Pedagang Pasar Heran, Harga Beras Kok Naik

Sabtu, 20 April 2019 10:02 WIB
Ilustrasi Harga Beras Naik. (Foto : net).
Ilustrasi Harga Beras Naik. (Foto : net).

 Sebelumnya 
Stok Melimpah

Ketua Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras (Perpadi) Soetarto Alimoeso memastikan, pasokan gabah dan beras di tingkat penggilingan berlimpah. Karena sampai saat ini panen raya masih berlangsung di berbagai daerah di Tanah Air.

Baca juga : Yang Bikin Polusi Siapa Yang Digugat Kok Anies

“Kalau panen masih berlangsung, harga masih normal, tidak ada kenaikan. Malah seharusnya bisa menurun (harga beras),” ungkap Soetarto.

Akibat produksi tinggi, lanjut Soetarto, gudang-gudang penyimpanan beras dan gabah penuh. Kondisi itu mendorong stok beras lebih banyak masuk ke pasar. Bahkan, untuk mencegah petani mengalami kerugian, pihaknya sudah meminta pemerintah menugaskan Perum Bulog menyerap gabah dan beras petani.

Baca juga : Bank Mandiri Terbitkan MTN Valas Rp 10,6 T

Soetarto mengungkapkan, ada beberapa daerah terkendala melakukan penggilingan. Pengeringan tidak optimal karena sedang musim hujan. Tetapi bisa dipastikan, hal itu sama sekali tidak mengganggu pasokan beras ke pasar.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita sebelumnya memastikan stok pangan aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Baca juga : Pertamina Hadirkan Paket Solar Non Subsidi Harga Khusus di Sumenep

Menurut Enggar, saat ini harga-harga di beberapa tempat sudah terpantau turun. Misalnya di Palangkaraya, Kalimantan Tengah harga beras tercatat sudah di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Harga komoditas sudah stabil, bahkan beras di Palangkaraya bagus, cenderung di bawah HET,” ungkap Enggar. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.