Dark/Light Mode

Sandi Pede, Desa Wisata Bangkitkan Ekonomi Nasional

Minggu, 23 Mei 2021 20:38 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) meresmikan Tourist Information Center dan Pamoedjan Oleh-oleh Cafe Sawah, Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Sabtu (22/5). (Foto: Istimewa)
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) meresmikan Tourist Information Center dan Pamoedjan Oleh-oleh Cafe Sawah, Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Sabtu (22/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimis, keberadaan desa wisata dapat menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional saat pandemi. Optimisme itu disampaikan Sandi saat meresmikan Tourist Information Center dan Pamoedjan Oleh-oleh Cafe Sawah, Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Sabtu (22/5).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini melihat ada peningkatan nilai jual kearifan lokal melalui pendekatan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Sawah-sawah yang semula hanya berupa lahan garapan petani, berubah menjadi destinasi wisata beromzet miliaran rupiah.

Baca juga : Sandi Harap Kawasan Singhasari Bisa Pulihkan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif

"Desa Pujon Kidul merupakan desa wisata berkelanjutan. Cafe Sawah seluas 1 hektar yang tadinya menghasilkan Rp 10 juta per tahun, disulap dengan pendekatan ekonomi kreatif, dan sekarang bisa menghasilkan Rp 1,2 miliar per hektar per tahun," papar Sandi, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (23/5).

Bagi Sandi, pencapaian Cafe Sawah sesuai semangat Kemenparekraf, yakni membangkitkan perekonomian masyarakat desa dan menciptakan lapangan pekerjaan. Sandi berjanji akan memberikan pendampingan guna meningkatkan keterampilan, khususnya bagi para pengelola desa wisata untuk beradaptasi dengan teknologi digital.

Baca juga : Ini Dia Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional

Pendampingan dilakukan agar para pelaku dapat menciptakan peluang usaha demi membuka lapangan kerja seluas-luasnya. "Saya ingin memberi pendekatan ekonomi berkeadilan yang berpihak kepada masyarakat pedesaan, sekaligus untuk  memastikan program pemerintah itu tepat sasaran. Selain itu, melalui Anugerah Desa Wisata akan memastikan bahwa program-program pemerintah bisa menyentuh masyarakat yang membutuhkan," jelasnya.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Anugerah ini mengangkat tema “Indonesia Bangkit".

Baca juga : Menko Airlangga Ajak Akademisi Pulihkan Ekonomi

Dalam proses pelaksanaan ADWI 2021 terdapat rangkaian acara promosi yang diharapkan mampu mewujudkan visi 9 Desa Wisata yang dikunjungi. "Ini bertujuan memberikan acuan contoh dan motivasi desa lainnya," ungkapnya.

Salah satu desa wisata yang sukses adalah Desa Wisata Pujon Kidul. "Di sini sangat luar biasa. Karena melibatkan masyarakat yang kreatif, sehingga menyulap area persawahan menjadi suatu hal menarik dan memiliki nilai ekonomi tinggi," tutupnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.