Dark/Light Mode

Mapan, Blibli, Dan Kaya.ID Sinergi Dongkrak Produk Lokal

Sabtu, 5 Juni 2021 08:08 WIB
Para CEO startup berkomitmen turut bersinergi dengan pemerintah dalam kampanye Bangga Buatan Indonesia. (Foto: Ist)
Para CEO startup berkomitmen turut bersinergi dengan pemerintah dalam kampanye Bangga Buatan Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seruan pemerintah melalui Bangga Buatan Indonesia direspons positif tiga startup. Nama-nama seperti Mapan, Blibli, dan Kaya.ID bahkan bersinergi mendongkrak produk lokal.

CEO Mapan Hendra Tjanaka mengatakan, seruan pemerintah melalui Bangga Buatan Indonesia menjadi peluang bagi produsen lokal untuk mampu bersaing di pasaran. Sebagai salah satu roda penggerak ekonomi, ekosistem jual-beli produk lokal yang kuat menjadi aspek yang sangat penting untuk terus mendapatkan dukungan.

"Kami merasa bisa turut andil dengan memperkuat ekosistem jual beli produk lokal dengan strategi bisnis kolektivisme. Tidak hanya mendukung agar mitra kami berpenghasilan, namun perlu disiapkan ekosistem yang kuat mulai dari konsumen, distribusi, dan produsen, dari UMKM hingga pabrik," ujar Hendra di Jakarta, Jumat (4/6).

Dalam upaya memperkuat ekosistem ini, Mapan bahkan menggandeng Blibli dan Kaya.ID.

Baca juga : MNCN Terapkan AI Di Semua Produk Digital

Tak ketinggalan dukungan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo RM Manuhutu mengakui, ekosistem digital memiliki peran krusial dalam mengakomodir pelaku usaha jual beli. Dari mulai mitra penjual, konsumen, sampai produsen. Tujuannya agar pelaku UMKM mampu bersaing dengan produsen kelas kakap.

"Oleh karena itu, kami mendukung dan mengapresiasi gerakan kolektivisme tiga startup lokal yang digagas oleh Mapan, Blibli dan Kaya.ID. Ini juga merupakan bukti bahwa dengan melalui gotong royong, kita mampu memperluas jangkauan dan memberikan dampak lebih mendalam," kata Odo.

Executive Vice President Blibli for Business Heriyadi Janwar mengatakan, ekosistem e-commercenya yang fleksibel bisa memenuhi kebutuhan e-procurement dari corporate clients, termasuk Mapan. Selain membuat proses procurement Mapan menjadi lebih ringkas, transparan, dan cost-efficient, Blibli for Business membuka kesempatan baru bagi produsen lokal, baik brand besar maupun UMKM untuk menumbuhkan bisnis dengan berjualan bulk, atau volume banyak, melalui Maju Produk Indonesia.

"Hadirnya layanan e-procurement, ditambah dengan solusi omnichannel yang menghubungkan produsen lokal online dengan mitra usaha Mapan offline, membuat Blibli yakin bahwa kolaborasi dengan Mapan akan semakin mempercepat transformasi digital produsen lokal Indonesia, bahkan yang berada di remote area. Konsumen diuntungkan karena mendapatkan produk lokal berkualitas tinggi melalui mitra usaha Mapan," katanya.

Baca juga : Kapolri Dukung Kementan Tingkatkan Produksi Pangan Nasional

CEO Kaya.ID Nita Kartikasari mengaku bangga dapat andil mengampanyekan Maju Produk Indonesia ini. Sebagai inkubator bisnis untuk UMKM, tugas Kaya.ID memberikan pendampingan terhadap produk-produk UMKM yang ada di dalam Mapan.

Tujuannya agar bisa menjadi produk yang berkualitas, dan mampu bersaing dengan produsen besar lainnya di Mapan.

"Selain itu, melalui kolaborasi ini, UMKM kami bisa mendapatkan kepercayaan dan pemasaran yang lebih luas kepada konsumen melalui Mitra Usaha Mapan, serta distribusi yang terpercaya dari Blibli," tutur Nita.

Ketiga startup ini akan memiliki peran sesuai dengan industrinya masing-masing untuk mendukung ekosistem yang kuat. Mapan, dengan jaringan kemitraannya yang lebih dari 250 ribu Mitra Usaha Mapan dipercaya bisa menjadi agen distribusi dan pemasaran.

Baca juga : Erick Mau Beli Peternakan Sapi Di Belgia, PKB: Genjot Juga Produksi Peternak Lokal

Blibli sebagai platform e-commerce yang menawarkan sistem pengadaan dan supply chain yang transparan dan efisien bagi para produsen lokal. Sedangkan Kaya.ID sebagai inkubator merek UMKM yang membantu menjamin kualitas produk dan mengembangkan brand UMKM dalam upaya mendukung produsen lokal. Sehingga masyarakat Indonesia bisa mendapatkan produk lokal berkualitas dan bangga menggunakan merek lokal.

Untuk diketahui, kampanye Maju Produk Indonesia ini terbuka bagi seluruh pelaku di ekosistem usaha jual-beli mulai dari kesempatan untuk mendaftar menjadi mitra penjual, produsen yang memiliki usaha produk lokal, hingga konsumen yang ingin turut mendukung mitra dan produsen agar tetap berpenghasilan. Periode kampanye ini akan berlangsung hingga 31 Desember 2021. Informasi lebih lanjut, dapat diakses melalui mapan.id atau majuprodukindonesia. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.