Dark/Light Mode

Kepala Daerah Jangan Ngiler Dengan Proyek

Senin, 8 Maret 2021 07:15 WIB
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mewanti-wanti, agar kepala daerah terpilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tidak ngiler dengan proyek yang berpotensi menjeratnya dalam lingkaran setan korupsi.

Tak jarang, ujar Ujang, kepala daerah jabatannya berumur pendek, karena tergiur praktik korupsi.

“Kita semua tahu, biaya politik tidak sedikit. Tapi, jangan sampai baru terpilih, sudah diciduk KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi),” warning-nya kepada Rakyat Merdeka di Jakarta.

Baca juga : AC Milan Vs Verona : Awas, Jangan Meremehkan Lawan!

Diharapkan, kepala daerah terpilih harus fokus dengan program-program yang sudah disampaikannya saat kampanye. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 ini, kondisi perekonomian makin sulit.

Karena itu, kepala daerah terpilih bisa kreatif membangun perekonomian daerah dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki masing-masing daerah.

“Kreatifitas adalah kunci bagi kepala daerah untuk bisa menyejahterakan masyarakatnya,” kata Ujang.

Baca juga : Kudeta Demokrat Bukti Buruknya Jaminan Keamanan Parpol

Kepala daerah terpilih juga diharapkan bisa bersinergi dengan semua pihak untuk bersama membangun daerah. Termasuk merangkul lawan politik pasca Pilkada.

“Harus bersama-sama membangun. Itu lebih baik dalam membangkitkan perekonomian daerah,” jelas pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia ini.

Kata Ujang, bukannya tidak mungkin jika kepala daerah terpilih sekarang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan terhindar dari praktik korupsi, bisa terpilih untuk kedua kalinya.

Baca juga : Incar Milenial, Danamon Syariah Rilis Layanan Digital Wakaf

“Anggap saja ini ujian ketahanan kepala daerah terpilih untuk tidak melakukan hal buruk dan berbuat banyak untuk masyarakat,” ujarnya.

Ujang yakin, kepala daerah terpilih akan mampu melalui ujian dan bisa mewujudkan visi-misi di saat kampanye. Jika hal ini dijalankan kepala daerah, yakinnya lagi, pada Pilkada periode berikutnya, bisa terpilih dengan mudah.

“Tentunya, masyarakat sudah tahu kinerja dan kreatifitas yang dimilikinya dalam menyejahterakan rakyat,” tutupnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.