Dark/Light Mode

Dibuka Menguat Tipis, Rupiah Masih Belum Aman

Kamis, 10 Juni 2021 10:37 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini rupiah menguat. Rupiah dibuka pada level Rp 14.250 per dolar AS atau menguat 0,04 persen dibanding posisi Rabu (9/6) sore di level Rp14.255 per dolar AS.

Mayoritas mata uang di kawasan Asia pagi ini juga perkasa terhadap dolar AS. Kondisi ini ditunjukkan oleh yen Jepang naik 0,07 persen, dolar Singapura menguat 0,02 persen, dolar Taiwan bertambah 0,08 persen, dan won Korea Selatan naik 0,06 persen.

Baca juga : Melesat Lagi, Rupiah Bikin Dolar Tak Berkutik

Kemusian, peso Filipina menguat 0,04 persen, yuan China naik 0,06 persen, ringgit Malaysia meningkat 0,02 persen, dan bath Thailand menguat 0,03 persen. Sedangkan, rupee India berkurang 0,12 persen terhadap dolar AS.

Sementara itu, mata uang di negara maju tampak bergerak bervariasi di hadapan dolar AS. Tercatat, poundsterling Inggris naik 0,04 persen dan dolar Australia menguat 0,05 persen. Sedangkan, dolar Kanada dan franc Swiss masing-masing turun 0,02 persen dan 0,01 persen.

Baca juga : Awas, Varian Delta Incar Anak-anak

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra mengatakan, rupiah dibayangi penantian pasar terhadap data penting AS, yaitu indeks Harga konsumen (IHK) AS periode Juni 2021 yang akan dirilis malam ini sekitar pukul 19.30 WIB.

Apabila IHK naik atau mengalami inflasi di atas perkiraan pasar, kondisi ini bisa memicu penguatan dolar AS, dan sebaliknya. Oleh sebab itu, ia memprediksi rupiah berpotensi melemah pada perdagangan hari ini, meskipun menguat 

Baca juga : Airlangga: Waspadai, Covid-19 Masih Ada

"Potensi pelemahan rupiah ke arah Rp 14.270, sementara potensi penguatan ke arah Rp 14.230 per dolar AS," imbuhnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.