Dark/Light Mode

Tangkal Risiko Keamanan Siber, Bank Sinarmas Gelar WRECK-IT 2.0

Rabu, 23 Juni 2021 15:12 WIB
Konferensi pers WRECK-IT 2.0 secara virtual, di Jakarta, Rabu (23/6). (Foto: Dok. Bank Sinarmas)
Konferensi pers WRECK-IT 2.0 secara virtual, di Jakarta, Rabu (23/6). (Foto: Dok. Bank Sinarmas)

 Sebelumnya 
Menurutnya, hal ini sejalan dengan misi Bank Sinarmas yakni meningkatkan kemampuan Informasi Teknologi (IT) dan Sumber Daya Manusia (SDM), dalam memberikan layanan terbaik melalui payment system yang lengkap.

Direktur Digital Banking Bank Sinarmas, Soejanto Soetjijo menambahkan, manajemen risiko dalam industri jasa keuangan, seperti cyber security memang sangat penting dan suatu keharusan karena bagian dari risiko IT.

"Dari sisi Bank Sinarmas, karena ini sangat penting makanya kita bangun unit kerja sendiri dengan orang-orang khusus yang latar belakang pendidikannya di IT security," imbuhnya.

Baca juga : Tingkatkan Layanan Serah Simpan, Perpusnas Kembangkan e-Deposit

Terutama dalam melindungi data itu dimiliki framework security yang dibantu konsultan internasional. "Kita sudah miliki framework, sudah diaudit dan nilainya melebihi rata-rata di industri jasa keuangan," jelasnya.

WRECK-IT terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu CTF (Capture The Flag) Competition dan Webinar yang akan mengundang para ahli di bidangnya.

Kompetisi CTF yang berbasis pwnlab, diselenggarakan secara daring dan diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai daerah.

Baca juga : Kondisi Relatif Aman, Bali Siap Gelar 20 Event Pariwisata

Tujuan diadakannya kompetisi CTF yang merupakan salah satu rangkaian acara inti WRECK-IT 2.0 adalah, memperkenalkan lebih luas masalah-masalah keamanan yang timbul dikarenakan kerawanan sistem dalam bentuk challenge-challenge dalam CTF.

"Harapannya, CTF bisa menjadi salah satu sarana yang menyenangkan untuk belajar mengenai keamanan siber dan informasi," tuturnya.

Selain kompetisi CTF, WRECK-IT 2.0 juga menghadirkan webinar dan diskusi panelis yang dapat diikuti oleh masyarakat umum, di mana peserta dapat berdiskusi secara interaktif kepada para pembicara yang hadir.

Baca juga : Gaet Trihamas Finance Syariah, Bank Sinarmas USS Permudah Daftar Haji

Webinar sesi pertama akan membawakan topik Kubernetes in a Nutshell: Vulnerabilities, Security, and Pentesting, dan pada sesi kedua akan membahas The Effectiveness of Threat Hunting in The Bug Bounty Program to Protect The Country.

Webinar ini juga akan dihadiri Kepala BSSN, Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian, yang akan menjadi Keynote Speaker. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.