Dark/Light Mode

Jatuh Tempo Diperpanjang Hingga 2026

Garuda Lega Himbara Setujui Restrukturisasi

Rabu, 30 Juni 2021 05:43 WIB
Garuda Indonesia. (Foto : Istimewa).
Garuda Indonesia. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
“Hal itu tentunya dengan mencermati kondisi bisnis penerbangan yang masih sangat menantang, upaya restrukturisasi menjadi langkah yang rasional untuk meringankan beban peru­sahaan,” jelas Mucharom kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pria yang akrab disapa Arom ini menyatakan, sebagai salah satu kreditor, saat ini, BNI terus berkoordinasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Nega­ra (BUMN) yang tengah mema­tangkan rencana penyelamatan bisnis Garuda. “Opsi terbaik akan terus dilakukan,” ucapnya.

Baca juga : Jakarta Lockdown, Setuju Atau Tolak?

Berdasarkan laporan keuangan Garuda di Triwulan III-2020, perusahaan penerbangan milik negara ini memiliki utang kepada tiga bank BUMN senilai Rp 10 triliun. Hal itu berasal dari utang jangka pendek yang nilainya mencapai 517,68 juta dolar AS (Rp 7,37 triliun). Sementara utang jangka panjang kepada pihak berelasi senilai 223,47 juta dolar AS atau setara Rp 3,18 triliun.

Pengamat BUMN dari Lem­baga manajemen Fakultas Eko­nomi dan Bisnis (FEB) Uni­versitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menilai, beban utang Garuda memang cukup berat. Dalam kondisi seperti itu, sangat diperlukan solusi-solusi strategis untuk menyelamatkan maskapai penerbangan nasional tersebut.

Baca juga : Layanan Perpanjang SIM Polda Metro Hadir Di 5 Lokasi

Restrukturisasi ini memang cukup baik. Selain itu, dilakukan juga semacam pinjaman modal kerja,” terang Toto kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Restrukturisasi sejumlah utang Garuda di bank BUMN yang utama, menurutnya, harus difokuskan pada upaya perampingan struktur biaya. Hal itu bisa dilakukan dengan melaku­kan negosiasi kembali atau renegosiasi dengan lessor (perusahaan jasa leasing) pesawat.

Baca juga : Ombudsman Sampaikan Pengaduan Masyarakat Terbanyak Soal Restrukturisasi Kredit

“Beban utang Garuda seba­gian besar ada di biaya leasing pesawat. Demikian juga upaya untuk mengistirahatkan hampir separuh armada adalah langkah bagus buat mengurangi tekanan cash flow,” ujar Toto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.