Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BI Sambut Transaksi FX Spot Dolar Terhadap Rupiah

Kamis, 1 Juli 2021 19:47 WIB
Gedung Bank Indonesia. (Foto: ist)
Gedung Bank Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) menyambut baik implementasi infrastruktur pasar uang untuk transaksi FX Spot dolar AS, terhadap rupiah yang disebut Electronic Trading Platform (ETP) Multimatching System.

Peluncuran ini, ditandai dengan pelaksanaan transaksi perdana yang dilakukan melalui infrastruktur tersebut di pasar uang domestik, sekaligus menjadi tonggak sejarah baru bagi transaksi pasar uang di Indonesia. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menjelaskan, implementasi ETP Multimaching System, bertujuan untuk mendorong digitalisasi dan memperkuat infrastruktur pasar uang yang andal, efisien, aman dan terintegrasi. Hal ini juga sebagai salah satu capaian utama dari Blueprint Pengembangan Pasar Uang 2025. 

Baca juga : PT Pos Diskon 20 Persen Kiriman Kurir

“BI akan terus memperluas penggunaan ETP Multimatching System pada produk pasar uang lainnya, sehingga dapat terwujud  pasar uang yang modern dan maju, yang mendukung pembiayaan ekonomi nasional, efektivitas transmisi kebijakan moneter, dan stabilitas sistem keuangan di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan, Kamis (1/7).

ETP Multimatching System merupakan sarana pelaksanaan transaksi bersifat multilateral, yang dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pembentukan harga dengan tetap mengedepankan penerapan tata kelola dan manajemen risiko yang efektif. 

ETP Multimatching System juga bermanfaat untuk mendukung terciptanya pengumpulan likuiditas yang sangat dibutuhkan. Terutama dalam menghasilkan harga beli jual (bid-ask) terbaik dan bersifat adil karena dilakukan secara anonim. 

Baca juga : Luhut Targetkan 1 Juta Vaksinasi Per Hari Pada Juli

“Dengan ETP Multimatching System, proses transaksi di pasar uang menjadi semakin digital dan modern,” imbuhnya.

Di mana kuotasi harga dapat dilakukan pelaku pasar secara transparan, dan pemrosesan transaksi dari awal sampai akhir secara terotomasi tanpa adanya intervensi manual, untuk memitigasi terjadinya kesalahan yang berasal dari manusia. 

BI menyambut baik kontribusi penyedia ETP dalam mengembangkan pasar uang di Indonesia. Dengan semakin majunya sistem perdagangan yang ada, penyedia ETP harus dapat menjamin ketahanan sistem dan operasionalnya dan juga selalu menjaga kepatuhannya terhadap peraturan Bank Indonesia terkait Penyedia ETP. 

Baca juga : BI Sempurnakan Aturan Transaksi Valas

“Hal ini diperlukan untuk menjaga kepercayaan pelaku pasar domestik, sehingga pasar uang yang modern dan maju dapat terwujud,” pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.