Dark/Light Mode

Pegadaian Tangkal Korupsi Pake Whistle Blowing System

Jumat, 2 Juli 2021 07:33 WIB
Pegadaian gelar webinar kampanye anti korupsi dan anti gratifikasi. (Foto : Dok. Pegadaian)
Pegadaian gelar webinar kampanye anti korupsi dan anti gratifikasi. (Foto : Dok. Pegadaian)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pegadaian (Persero) me­nyatakan sikap untuk meno­lak segala bentuk dan upaya tindak korupsi di lingkungan perusahaannya.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, tin­dakan korupsi tidak hanya merugikan perusahaan mau­pun keuangan negara. Untuk itu, seluruh Insan Pegadaian harus menyatakan perang terhadap tindak korupsi.

Ia berharap, kepada siapan pun yang menemukan tindak korupsi dan gratifikasi di ling­kungan Pegadaian, agar melapor­kan kepada manajemen melalui berbagai channel yang tersedia.

Baca juga : Pegadaian Cegah Praktik Lancung Dengan Whistle Blowing System

“Salah satunya melalui saluran whistle blowing system. Identitas pelapor akan terlindungi. Sehingga tidak perlu ragu-ragu,” katanya dalam acara webinar Insan Pegadaian, mitra kerja dan perwakilan nasabah, di Jakarta, kemarin.

Kepada para mitra kerja dan nasabah, Kuswiyoto meya­kinkan, Sistem Operasional dan Prosedur (SOP) Pega­daian telah dibuat sedemikian rupa. Sehingga, tindak korupsi apapun pasti akan diketahui.

“Saya memiliki komitmen yang kuat dalam mewujud­kan budaya bersih. Beberapa proyek yang saya lihat ter­dapat indikasi korupsi, maka tidak akan segan-segan saya hentikan,” warning-nya.

Baca juga : KPK Isyaratkan Sita Aset Tersangka Korupsi Tanah Di Munjul

Ia juga sangat tegas, jika dite­mukan karyawan yang terbukti melakukan tindakan korupsi. Untuk itu dirinya berharap se­luruh mitra kerja dan nasabah, ikut berperan aktif dalam mem­bangun budaya anti korupsi dan anti gratifikasi di Pegadaian.

Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Syarief Hidayat menyampai­kan apresiasi, atas langkah-langkah pencegahan tindak pidana korupsi dan gratifikasi yang dilakukan di Pegadaian.

Syarief juga mengapresi­asi kepada Pegadaian, yang telah memperoleh Sertifikasi ISO 37001-2016 atas semua proses bisnis yang berlaku di Pegadaian. Ia berharap, agar terdapat ahli pembangun in­tegritas untuk mengawal imple­mentasi ISO 37001-2016. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.