Dark/Light Mode

Garansi Pasokan Listrik Di Blok Rokan

PLN Caplok 100 Persen Saham Chevron Di MCTN

Rabu, 7 Juli 2021 05:20 WIB
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini  (Foto : Istimewa).
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) sukses mengakuisisi 100 persen saham milik Chevron Standard Limited di PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN). Perusahaan pelat merah itu menjamin keberlangsungan pasokan listrik di Blok Rokan.

Akuisisi itu secara resmi di­lakukan melalui penandatanga­nan sales and purchase agree­ment (SPA) atau perjanjian jual beli saham, oleh Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dan Regional Direc­tor Chevron Standard Limited, Jennifer Ferratt, secara virtual, kemarin.

Baca juga : PLN Amankan Pasokan Listrik Buat Blok Rokan

Kesepakatan ini juga disaksikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Man­sury, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Komisaris Utama PLN Amien Sunaryadi, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, serta manajemen Chevron Standard Limited (CSL) sebagai pemilik saham mayoritas MCTN.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyatakan, akuisisi saham MCTN merupakan pem­buktian atas komitmen PLN. Terutama dalam menjaga kesinambungan suplai listrik Blok Rokan, baik di saat masa peralihan maupun jangka panjang. Apalagi Blok Rokan merupakan tulang punggung produksi minyak nasional.

Baca juga : PLN Jaga Pasokan Listrik Di Rumah Sakit Dan Fasilitas Kesehatan

Seperti diketahui, pengelolaan Blok Rokan mulai 9 Agus­tus 2021 akan beralih dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Selama ini, pasokan lis­trik dan uap Blok Rokan berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) North Duri Cogen berkapasitas 300 Megawatt (MW) yang sebelumnya dimiliki oleh MCTN, anak usaha Chev­ron Standard Limited.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Chevron Standard Limited, untuk kerja sama dan kelistrikan yang baik di Wilayah Kerja Rokan selama dikelola oleh Chevron Pacific Indonesia,” ujar Zulkifli di Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.