Dark/Light Mode

Garansi Pasokan Listrik Di Blok Rokan

PLN Caplok 100 Persen Saham Chevron Di MCTN

Rabu, 7 Juli 2021 05:20 WIB
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini  (Foto : Istimewa).
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Aksi akuisisi saham MCTN, sambungnya, merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama antara PLN dan Pertamina Hulu Rokan, yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman Kerja Sama Penyediaan Tenaga Listrik dan Uap Wilayah Rokan, pada 30 Desember 2020 serta Perjan­jian Jual Beli Tenaga Listrik dan Uap pada 29 Januari 2021.

Zulkifli berharap, melalui penandatanganan jual beli saham ini, dapat terjalin good partner­ship. Upaya ini juga sebagai langkah awal dalam membangun kemitraan dan kerja sama, antara PLN dengan Chevron Standard Limited di masa mendatang.

Baca juga : PLN Amankan Pasokan Listrik Buat Blok Rokan

Ke depan, pembangkit listrik ini akan digunakan selama tiga tahun untuk melayani kebutuhan listrik di Blok Rokan. Baik selama masa transisi bersama dengan PLTG Migas dan Cen­tral Duri, sampai akhirnya akan disuplai dari interkoneksi sistem Sumatera.

Sementara untuk jangka pan­jang, lanjutnya, penyediaan listrik 400 MW di Blok Rokan yang handal dan kompetitif akan dipasok dari sistem Sumatera dan Uap 335 ribu barel standar per hari (MBSPD) dengan meng­gunakan New Steam Generator.

Baca juga : PLN Jaga Pasokan Listrik Di Rumah Sakit Dan Fasilitas Kesehatan

“Kira-kira dalam waktu tiga ta­hun, interkoneksi sistem dan New Steam Generator akan beroperasi secara penuh,” yakin Zulkifli.

Selain itu, penyediaan pa­sokan listrik yang andal dari Sistem Sumatera ke Blok Rokan dilakukan dari tiga sumber.

Baca juga : Baiknya Kejar Pajak Perusahaan Digital

“PLN mengutamakan as­pek safety, reliability, quality dan efisien dalam memenuhi kebutuhan energi industri hulu minyak dan gas (migas),” ujarnya.

Zulkifli menegaskan, PLN sebagai BUMN yang diberikan amanah di bidang ketenagalistri­kan, memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan listrik dan memberikan pelayanan ter­baik untuk seluruh pelanggan. Termasuk pelanggan industri di mana salah satunya yaitu sektor minyak dan gas, baik dari hulu maupun hilir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.