Dark/Light Mode

Bank Mandiri Ramal Pertumbuhan Kredit Paling Banter 5 Persen

Minggu, 11 Juli 2021 07:22 WIB
Bank Mandiri. (Foto : Istimewa).
Bank Mandiri. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
“Sedangkan sektor-sektor yang mengalami pertumbuhan kredit positif tertinggi pada April 2021 adalah sektor perikanan yang meningkat 14 persen yoy,” terang Andry.

Selain sektor perikanan, kenaikan juga tercatat di sektor jasa kemasyarakatan sebesar 13,1 persen yoy, dan sektor transportasi, pergudangan dan informasi sebesar 11,1 persen yoy.

Baca juga : Dukung Penanganan Covid-19, Bank Mandiri Salurkan 15 Ribu Paket Vitamin Buat Nakes

Sementara, pada penyaluran kredit konsumtif nasional berhasil tumbuh setelah sebelumnya terus mengalami kontraksi. Hal ini disebabkan oleh penurunan kontraksi kredit konsumtif di Jakarta, yakni dari -10,1 persen pada Maret 2021 menjadi hanya -7,8 persen pada April 2021.

Jakarta merupakan provinsi dengan market share terbesar. Yakni mencapai 26,6 persen dari total penyaluran kredit konsumtif nasional. Sehingga sangat mempengaruhi kinerja penyaluran kredit konsumsi nasional.

Baca juga : Risma: Pekan Ini... Paling Lambat Pekan Depan Ya!

Kredit pemilikan kendaraan bermotor tercatat mengalami kontraksi terdalam, yakni sebesar -27,6 persen pada April 2021,”

Begitu juga dengan penyaluran kredit konsumtif diproyeksi akan membaik ke depan seiring dengan pemulihan laju pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : PPKM Darurat, Kemendagri Minta Pemda Percepat Penyaluran Bansos

Namun demikian, pemulihan pertumbuhan kredit konsumsi saat ini dibayangi oleh risiko kenaikan kasus Covid-19 yang sudah terjadi sejak Juni. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.