Dark/Light Mode

Penting, Digital Branding Untuk Membangun Brand UMKM

Jumat, 16 Juli 2021 17:19 WIB
Webinar DigiTalk dengan tema Strategi Membangun Brand di Era Digital, yang digelar Kominfo, Jumat (16/7). (Foto: Dok. Kominfo)
Webinar DigiTalk dengan tema Strategi Membangun Brand di Era Digital, yang digelar Kominfo, Jumat (16/7). (Foto: Dok. Kominfo)

 Sebelumnya 
“Satu-satunya cara untuk menang adalah belajar cepat customer maunya apa. Terus cari inspirasi yang mereka suka, lalu evaluasi keinginan customer. Dekati customer dan buat mereka jadi tempat research and development untuk produk kita,” terang Dias.

Menutup paparannya, Dias mengingatkan pentingnya untuk berbagi dan memberi. Sebab, di era sekarang, orang bisa jadi membeli bukan karena produknya murah atau berkualitas, tapi karena empati. Menurutnya, itu nilai-nilai yang mungkin tidak dipelajari secara teori tapi sangat bermanfaat pada akhirnya.

Baca juga : BPOM Terbitkan Izin Darurat Untuk Vaksin Pfizer

Dalam kesempatan selanjutnya, CEO Timor Moringa Meybi Agnesya membagikan pengalamannya dalam membangun dan mengembangkan bisnis Timor Moringa, yaitu produk olahan daun kelor dari Nusa Tenggara Timur. Meybi menjelaskan pentingnya digital branding dalam membangun sebuah brand. 

Dia menceritakan, pada awalnya segmentasi Timor Moringa adalah untuk masyarakat yang mencari oleh-oleh khas Nusa Tenggara Timur. Namun, di era pandemi ini, terjadi shifting customer behavior. Orang-orang lebih peduli mengenai kesehatan. Sehingga, melalui digital branding, akhirnya Timor Moringa mengubah segmentasi menjadi untuk masyarakat umum yang membutuhkan sesuatu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga : Kemenperin Siap Pasok Kebutuhan Bahan Baku IKM

Meybi juga menyampaikan pentingnya menggunakan semua platform online seperti website dan media sosial untuk tetap menjalin interaksi dengan customer. “Ruang kita secara fisik sangat terbatas, satu ruang yang tidak terbatas adalah ruang digital, itu yang harus disadari dulu dan penting untuk membangun literasi digital sebelum memasuki strategi branding,” tambah Meybi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.