Dark/Light Mode

Gandeng Freepoint, Pertamina Optimalkan TBBM Sambu

Jumat, 3 Mei 2019 14:47 WIB
Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo dan CEO Freepoint Commodities Asia Ouyang Xiuzhang menandai kesepakatan tersebut dengan penandatanganan Head of Agreement (HoA) Kerjasama Utilisasi TBBM Pulau Sambu di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (3/5). (Foto; Humas Pertamina).
Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo dan CEO Freepoint Commodities Asia Ouyang Xiuzhang menandai kesepakatan tersebut dengan penandatanganan Head of Agreement (HoA) Kerjasama Utilisasi TBBM Pulau Sambu di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (3/5). (Foto; Humas Pertamina).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) mencapai kesepakatan dengan Freepoint Commodities Pte. Ltd,  perusahaan perdagangan komoditas internasional dan perusahaan investasi, untuk mengoptimalkan utilisasi Terminal BBM Pulau Sambu.

Ini merupakan bagian dari upaya Pertamina, dalam mengoptimalkan aset perusahaan dan memasok komoditas ke pasar Internasional.

Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo dan CEO Freepoint Commodities Asia Ouyang Xiuzhang, menandai kesepakatan tersebut dengan penandatanganan Head of Agreement (HoA) Kerja Sama Utilisasi TBBM Pulau Sambu di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (3/5).

Baca juga : Awal Ramadhan, Pertamina Siapkan 8 Juta Tabung LPG 3 Kg

Gandhi menjelaskan, kesepakatan ini adalah momen penting yang diharapkan dapat memberi kontribusi pendapatan, dan nilai tambah strategis bagi perusahaan serta negara.

Dikatakan VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman "TBBM yang berlokasi di pulau tersendiri antara Batam dan Singapura ini sangat strategis sebagai supply point, untuk memasok komoditas BBM yang bisa diperdagangkan secara internasional," terang VP Corporate Communications Pertamina, Fajriyah Usman.

Ia menambahkan, dalam kerja sama ini, Pertamina akan menjadi pemasok produk yang disimpan dan di-blending di TBBM Pulau Sambu. Sedangkan operasional terminal yang dilaksanakan Pertamina, akan dioptimalkan dan didukung oleh Freepoint.

Baca juga : Pertamina MOR I Siagakan Kebutuhan BBM, Elpiji, dan Avtur

Selain itu, Pertamina juga memiliki opsi untuk membeli produk akhir dari TBBM Pulau Sambu baik guna keperluan domestik maupun trading. "Selama ini TBBM Pulau Sambu digunakan sebagai tempat penyimpanan BBM Pertamina. Selain memberikan nilai tambah, kerja sama ini juga tidak mengganggu distribusi BBM, yang tetap berjalan seperti biasanya," tutur Fajriyah.

Penandatanganan Head of Agreement tersebut turut disaksikan oleh Founder & Chairman Freepoint Commodities David Messer, dan Vice Chairman Freepoint Commodities Sheldon Pang.

"Freepoint adalah salah satu pedagang bahan bakar minyak dan pemasok bunker terbesar di belahan bumi bagian barat (Western Hemisphere). Kami sangat bahagia dapat bergandeng tangan dengan Pertamina, untuk mendukung rencana perbaikan infrastruktur minyak Indonesia, dan juga pengembangan usaha low sulphur bunkering di Indonesia,” katanya.

Baca juga : Gandeng Himbara, Satker Kemlu Terapkan Non-Tunai

Freepoint adalah perusahaan perdagangan komoditas fisik dan pemberi dana untuk aset-aset komoditas produksi hulu dan mid-stream. Freepoint juga memberikan jasa supply fisik dan structured solutions untuk rekanan kerja Freepoint.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2011 dan memiliki 11 kantor cabang di seluruh dunia ini, berkantor pusat di Stamford, CT, Amerika Serikat. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.