Dark/Light Mode

Crisis Center Dompet Dhuafa Bantu Pasien Corona Di Jabodetabek

Senin, 2 Agustus 2021 13:07 WIB
Bantuan oksigen untuk pasien isoman dari Dompet Dhuafa. (Foto: Ist)
Bantuan oksigen untuk pasien isoman dari Dompet Dhuafa. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dompet Dhuafa hadirkan layanan Crisis Center untuk membantu masyarakat yang terpapar Covid-19. Dompet Dhuafa juga mendistribusikan paket pangan dalam program Food For Dhuafa.

Dari data yang per 30 Juli 2021, Crisis Center Dompet Dhuafa dengan layanan kesehatan telah melayani pemberian paket nutrisi bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di wilayah Jabodetabek sebanyak 150 penerima manfaat. Mereka tersebar di 10 Kabupaten/Kota dengan mencakup tiga Provinsi.

Sebaran paket isoman terbanyak yakni Depok dengan 44 penerima manfaat. Posisi kedua diikuti Kota Tangerang dengan 20 penerima manfaat dan urutan ketiga yakni Kota Bekasi dengan 18 penerima manfaat.

Baca juga : Waskita Karya Garap Ruang Perawatan Pasien Corona Di RSUP Sardjito

“Selain itu, per hari ini Dompet Dhuafa merespon dengan layanan ambulans yang dimiliki,  dengan total 61 penerima manfaat, mencakup 13 Kota maupun Kabupaten di tiga Provinsi yang terlayani,” ujar dr. Yeni Purnamasari, General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa, Senin (2/8).

Dompet Dhuafa juga memberikan layanan isoman dan gizi. Layanan diberikan dengan cara berkunjung ke masyarakat yang isoman ke rumah dan memberikan layanan pengecekan kesehatan atas rekomendasi Ketua RT maupun RW setempat.

“Selain pengecekan, tim memberikan asupan gizi dari hadirnya Dapur Umum di sejumlah 5 titik di Jabodeta. Layanan isoman dan paket gizi telah membantu 175 penerima manfaat di 12 Kota maupun Kabupaten dengan mencakup tiga  Provinsi,” ujarnya.

Baca juga : Danone Indonesia dan Dompet Dhuafa Berikan Bantuan Alkes Senilai Rp 56 Miliar

Dompet Dhuafa juga menyiapkan delapan Rumah Sakit, RS Lapangan Covid-19 dan RS Kontainer, 21 Klinik, 30 Unit Ambulans, lima unit ambulans jenazah, relawan kesehatan khusus Covid-19, relawan penyemprotan desinfektan, lebih dari 15.000 orang relawan beragam bidang, relawan dukungan psikososial religi, saluran siaga Covid-19 0811-1617-10, hingga dokumen protokol pencegahan Covid-19

dr. Yeni mengatakan, per hari ini, Senin (2/8), Dompet Dhuafa telah mendistribusikan 5.199 paket sembako Food For Dhuafa, 34 titik penyemprotan disinfektan, 31 layanan ambulans Covid-19, dan 56 layanan pemulasaran jenazah Covid-19.

Dompet Dhuafa juga membuka sentra vaksinasi di Jakarta dan Depok sebanyak 14.643 peserta dari 14.643 unit vaksin Covid-19 yang tersedia. Mendistribusikan 160 paket makanan siap saji untuk masyarakat isoman, dan 12 layanan pendampingan isoman.

Baca juga : Rumah Sakit Penuh, Banyak Pasien Corona Di Thailand Meninggal Di Jalan

Kemudian tiga unit RS Lapangan di Jakarta dan Depok, 637 paket isoman medis (obat), 11.864 paket makanan dari dapur umum, 394 konsultasi kesehatan Covid-19, 72 tabung layanan oksigen, 91 testing Covid-19 dengan 78 antigen dan 13 PCR. Dompet Dhuafa juga memberikan 27 layanan untuk PFA dan Religi.

Sementara untuk layanan Food For Dhuafa telah mendistribusikan 130 ton beras mencakup wilayah Jabodetabek, Sukabumi dan Banten. Dengan sasaran pondok pesantren, panti asuhan hingga komunitas masyarakat yang terdampak pandemi.

“Kami terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat terutama bagi mereka yang terpapar Covid-19,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.