Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BI FAST Diluncurkan Akhir Tahun Ini, Anabatic Siapkan Solusi Platform DXP

Selasa, 3 Agustus 2021 15:28 WIB
BI FAST Diluncurkan Akhir Tahun Ini, Anabatic Siapkan Solusi Platform DXP

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) segera meluncurkan BI Fast Payment atau BI FAST pada akhir tahun ini. Terkait hal tersebut, PT Anabatic Technologies Tbk (Anabatic) telah menyiapkan solusi untuk membantu perbankan siap secara teknologi, sehingga implementasi BI FAST dapat berjalan lancar.

Solusi tersebut, yaitu Digital X’formation Platform/DXP. Head of Solution Anabatic Regina Anastasia menjelaskan, DXP akan menciptakan komunikasi untuk omnichannel yang dimiliki oleh bank.

Baca juga : Nggak Terima Dituntut 11 Tahun Bui, Juliari Ajukan Pleidoi

Platform DXP merupakan layar tambahan atau digital payment switch yang di-deployed pada server IBM untuk menjaga stabilitas serta scalable dari platform. DXP menjadi solusi yang bisa membantu bank melakukan transformasi tidak harus mengubah seluruh sistem yang ada, tapi hanya menambah satu layer.

DXP pun membantu bank untuk berkomunikasi melalui API, ISO 8583 sampai ISO 20022 yang dibutuhkan untuk transformasi menyongsong BI FAST dan new swift regulation.

Baca juga : PKB Ingin Jadi Solusi Pandemi

“Misalnya, sebuah bank punya internal system terkait core banking-nya, terkait credit card sampai dengan treasury system. Ini bisa komunikasi dengan digital system-nya (eKYC, biometrics, e-wallet, Open API),” ujar Regina dalam webinar Infobank dan Anabatic bertajuk Membangun Ekosistem Sistem Pembayaran Digital Menyongsong BI FAST, Selasa (3/8).

Menurut Regina, untuk bisa cocok dengan konektor dari BI, kapabilitas platform tersebut di-provide tidak terbatas sebagai konverter saja. Tapi pihaknya provide dari sisi digital payment switch-nya.

Baca juga : Tingkatkan Literasi Melalui Platform Digital

"Sehingga mempunyai nilai tidak terbatas pada koverter saja. Karena bagaimana bank harus bisa in dengan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2021,” ucap Regina.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.