Dark/Light Mode

Kasus Covid Meningkat, Target Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Sulit Tercapai

Rabu, 30 Juni 2021 20:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Target pertumbuhan ekonomi kuartal II diperkirakan akan sulit tercapai akibat adanya lonjakan kasus positif Covid-19.

Sebelum terjadi lonjakan kasus positif Covid-19, pemerintah sempat menargetkan angka 7,1 hingga 8,3 persen.

Baca juga : Menteri Basuki: Sektor Perumahan Tahan Banting Di Tengah Pandemi

Pengetatan implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di beberapa wilayah di Jakarta yang sudah dimulai sejak 22 Juni hingga 5 Juli 2021 disebut akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi kuartal II.  

“Kalau melihat dari pertumbuhan bidang usaha, masih sama trendnya dengan kuartal sebelumnya, teknologi informasi dan komunikasi serta pertanian, kehutanan dan perikanan menunjukkan pertumbuhan yang positif. Sektor perdagangan besar dan ritel sempat membaik juga,” ungkap Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Pingkan Audrine Kosijungan.  

Baca juga : KAI Tunda Peluncuran KA Nusa Tembini

Pingkan melanjutkan, kinerja ekonomi sebetulnya sudah menunjukkan perbaikan di akhir tahun 2020.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV 2020 sebesar -2,19 persen (yoy), lebih baik dari capaian di kuartal III 2020 yang sebesar -3,49 persen (yoy).

Baca juga : Kasus Covid-19 Melonjak, Balai Kota Bandung Lockdown

Namun lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi sejak awal Juni dikhawatirkan akan menahan laju perbaikan pada perekonomian nasional.

Salah satu yang disebut Pingkan akan terdampak adalah sektor ritel dengan adanya aturan pengurangan kapasitas operasi restoran dan tempat-tempat makan.  
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.