Dark/Light Mode

Siapkan 76.500 Dosis

Toyota Indonesia Gelar Vaksinasi Buat Warga Sunter Dan Karawang

Kamis, 5 Agustus 2021 13:24 WIB
Vaksinasi Toyota Indonesia. (Foto: ist)
Vaksinasi Toyota Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota Indonesia menggelar vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat masyarakat sekitar pabrik perseroan. Kegiatan untuk membantu pemerintah menpercepat terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity).

Toyota menyiapkan 76.500 dosis vaksinasi gratis untuk masyarakat sekitar pabrik perseroan di Sunter-Jakarta dan Karawang-Jawa Barat. Vaksinasi ini diadakan berkolaborasi bersama Polres Metro Jakarta Utara, Pemkab Karawang, Kodim Karawang, Polres Karawang, dan Apindo Karawang. 

Pada tahap pertama, vaksinasi massal diberikan kepada warga di wilayah Sunter yang diselenggarakan hari ini, Kamis (5/8). Vaksinasi digelar di di RPTRA Sunter Jaya, Sunter.

Di samping itu, vaksinasi berskala nasional secara bertahap juga dilakukan guna turut serta membantu penanggulangan pandemi Covid-19. Sebanyak 50.000 dosis vaksin akan diberikan secara gratis bagi masyarakat Indonesia melalui kerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia.

“Sebagai bagian dari industri otomotif yang ingin terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, kami ingin mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam menurunkan dan menghindari penyebaran virus Covid-19 di lingkungan industri agar ekonomi nasional segera kembali pulih,” ujar Direktur Corporate Affairs PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, Kamis (5/8).

Menurut dia, selain terus menerus menjalankan protokol kesehatan yang ketat serta program vaksinasi di lingkungan kerja, Toyota juga memperluas vaksinasi di lingkup keluarga dan masyarakat yang memegang peran penting dalam menekan penyebaran Covid-19. 

Baca juga : Tekan Penularan Covid, Telaga Kahuripan Gelar Vaksinasi Untuk 6.000 Warga Sekitar

“Selain meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan Covid-19, kami berkontribusi melalui program vaksinasi masal ini,” ujarnya.

Bob Azam menambahkan, program vaksinasi ini tidak dapat dilaksanakan tanpa dukungan pemerintah dan berbagai elemen masyarakat. Dia berharap, kerja sama positif ini akan berkontribusi dalam mencapai target pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 nasional yang pada akhirnya dapat berdampak bagi pemulihan Indonesia.

Director PT Toyota-Astra Motor, Nini Tjandrasa, mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Toyota Indonesia turut serta bersama dengan pemerintah dalam penanganan Covid-19 sejak awal pandemi berlangsung. Baik melalui kegiatan preventif maupun penanganan Covid-19 yang berkembang dinamis di masyarakat.

“Kali ini, sebagai kelanjutan dari aksi cepat tanggap Toyota Indonesia adalah melalui percepatan dan perluasan vaksinasi untuk internal dan masyarakat umum. Kami berharap, kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan vaksin secara cepat dan mudah, dan kita bersama-sama dapat melakukan percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia,” ujar Nini.

Buat Toyota, kata dia, penanganan pandemi ini penting, salah satunya dengan mempercepat vaksinasi. Dan harapannya dengan kegiatan ini bisa membantu tidak hanya memfasilitasi internal maupun lingkungan sekitar, tapi lebih jauh bisa berkontribusi sebagai bagian dari rakyat Indonesia.

“Untuk cakupan vaksinasi yang lebih besar dan luas, kami menyelenggarakan sentra vaksinasi untuk 50.000 dosis vaksi melalui kerjasama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia, sehingga diharapkan bisa membantu percepatan vaksinasi secara nasional juga,” tambahnya.

Baca juga : Pembangkit Biogas Pasir Mandoge Perkuat Listrik Sumatera Utara

Salah seorang warga Sunter penerima vaksin, Elsyah mengaku, sangat senang dirinya bersama warga Sunter lainnya bisa menerima vakisn gratis dari Toyota Indonesia ini. Semoga dengan kegiatan ini dapat mengurangi penyebaran Covid-19 di daerah tempat tinggal kami. 

“Terima kasih kepada Toyota  Indonesia  dan Polres Jakarta Utara yang telah mengadakan vaksin gratis ini," kata Elsyah.

Warga Sunter lainnya, Rizal bersama keluarganya baru mendapatkan vaksin dosis pertama melalui program vaksinasi massal gratis Toyota Indonesia ini. Dengan adanya progran vaksinasi massal gratis ini dirinya dan warga yang lain merasa lebih tenang dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

“Senantiasa taat terhadap prokes Covid-19 dan sudah vaksin itulah upaya kita untuk mencegah agar tidak terpapar pandemi ini,” kata Rizal.

Sejak pandemi melanda tahun lalu hingga saat ini, Toyota juga sudah mendonasikan bantuan Covid-19 kepada seluruh lapisan masyarakat hingga para pemangku kepentingan. Toyota juga membantu mobilisasi percepatan penanganan pandemi melalui donasi Kijang Innova ambulance sebanyak 17 unit, lebih dari 150.000 APD yang terdiri dari baju hazmat, pelindung wajah, dan masker, 4.000 paket bahan pokok, dan 300 paket kebutuhan untuk menjaga kebersihan. 

Seluruh bantuan Toyota telah distribusikan kepada Palang Merah Indonesia (PMI), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemprov DKI Jakarta, Pemkab Karawang, Pemkab dan Pemkot Bekasi, Pondok Pesantren, dan warga sekitar. Rencananya, bantuan ini akan terus bertambah kedepannya untuk bisa mendukung meringankan beban pemerintah dan masyarakat selama pandemi.

Baca juga : Pengalaman Olimpiade Tokyo, NOC Indonesia Pelajari Sistem Olahraga Dunia

Toyota juga bekerjasama dengan pihak akademisi, seperti Universitas Indonesia dan Balai Latihan Kerja (BLK) seperti Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta, selain dengan beberapa supply chain, dalam pengembangan berbagai alat pelindung diri (APD) seperti face mask, flocked swab, medical google, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield

Baru-baru ini, Toyota juga telah menyalurkan donasi cepat tanggap senilai Rp 1,55 miliar untuk membantu penanganan pasien Covid-19 di 6 rumah sakit yang tersebar di 4 provinsi. Bantuan ini antara lain berupa 300 tabung oksigen beserta isinya (1.800 m3), portable bed, Oximeter, paket APD level 3 (baju hazmat, masker medis, sarung tangan, dan sebagainya), serta vitamin dan suplemen penguat imunitas tubuh.

Selain donasi sarana dan prasarana di 6 Rumah Sakit tersebut, ada juga berbagai bantuan cepat tanggap lainnya seperti layanan mobilitas bagi fasilitas kesehatan yang akan memudahkan mobilitas mereka dalam penanganan Covid-19. [DIT]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.