Dark/Light Mode

Kembangkan Lapangan YY

PHE ONWJ Kerek Produksi Migas

Selasa, 7 Mei 2019 10:50 WIB
Pembangunan anjungan Lapangan YY. (Foto: PHE ONWJ)
Pembangunan anjungan Lapangan YY. (Foto: PHE ONWJ)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) melakukan percepatan pengembangan Lapangan YY. Produksi migas ditargetkan bisa meningkat.

Setelah seremoni sail away akhir Maret lalu, Anjungan YYA kini telah terpasang di Perairan Pantai Utara Jawa Barat. Perjalanan dari Handil, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur ke titik instalasi di Perairan Utara Jawa Barat memakan waktu selama 10 hari dengan jarak sekitar 1700 kilometer (KM).

Baca juga : BTN Kerek Ekonomi Petani Purwakarta

Proses instalasi pemasangan Anjungan YYA dimulai sejak 8 April 2019 dengan proses pengangkatan jacket platform YYA (tripod) dari barge Kreuz 282 oleh barge KP-1 menuju koordinat instalasi. Setelah itu dilanjutkan dengan proses pemancangan (piling), pemasangan boat landing, pemasangan riser, dan terakhir dilakukan pemasangan topside serta debris survey untuk kesiapan pemboran yang diselesaikan pada 29 April 2019.

Direktur Pengembangan PHE Afif Saifudin menjelaskan bahwa Proyek YY ini adalah salah satu proyek yang secara ketat dipantau SKK Migas karena akan onstream tahun ini dan memberikan kontribusi dalam mencapai target produksi. “Sehingga apabila dimungkinan kita akan mendorong agar proyek ini dapat selesai lebih cepat," tegas Afif di Jakarta, Selasa (7/5).

Baca juga : Astra Kenalkan Empat Produk Digitalnya

GM PHE ONWJ Slamet Susilo menambahkan, sejak dimulainya tahap pabrikasi di Agustus 2018, hingga instalasi di April 2019, milestone pengembangan Lapangan YY diharapkan memenuhi OTOBOSOR (on time, on budget, on scope dan on return). Selain itu, perseroan selalu mengedepankan aspek keselamatan, kesehatan dan lindung lingkungan dalam pelaksanaannya.

Proyekdengan alokasi biaya 85,4 juta dolar AS memiliki potensi cadangan minyak dan gas yang cukup besar mencapai 4 MMBO dan gas 21,2 BSCF yang direncanakan berproduksi pada akhir September 2019. Diharapkan nantinya Lapangan YY akan menyumbang tambahan produksi minyak sebesar 4.065 BOPD dan gas bumi mencapai 25,5 MMSCFD di kepala sumur.

Baca juga : Membangkitkan Rasa Takut Dan Mengancam, Efektifkah?

Produksi dari Lapangan YY akan digunakan seluruhnya untuk kepentingan dalam negeri sehingga menjadi pendorong roda perekonomian industri di sekitar wilayah kerja PHE ONWJ. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.