Dewan Pers

Dark/Light Mode

APP Sinar Mas Genjot Produksi Kemasan Yang Dapat Didaur Ulang

Jumat, 6 Agustus 2021 18:02 WIB
Ini salah satu produk kemasan APP Sinar Mas yang bisa didaur ulang dan berkelanjutan itu. (Foto: ist)
Ini salah satu produk kemasan APP Sinar Mas yang bisa didaur ulang dan berkelanjutan itu. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mengumumkan peluncuran mesin coating terbarunya yang terdapat di Pabrik Indah Kiat Serang, Banten, hari ini, Jumat (6/8).

Mesin baru ini akan membantu meningkatkan kapasitas produksi Foopak Bio Natura yang dikhususkan untuk pengemasan kertas yang dapat digunakan dalam bentuk cup, tray, serta wadah makanan hingga lebih dari 60.000 metrik ton per tahun. 

Dengan kapasitas produksi ini, Foopak Bio Natura dapat memasok kertas ke konsumen global yang mencari solusi produk yang bebas plastik, dapat di daur ulang, dan terdegradasi secara alamiah. 

Berita Terkait : Sinar UV-C Mampu Mengurangi Risiko Transmisi Virus dan Bakteri melalui Udara

“Produk kemasan yang dapat didaur ulang dan berkelanjutan bukan lagi barang sekunder, namun kini telah berubah menjadi barang paling diincar oleh banyak merk global,” kata Senior Vice President & Head Industrial Paper Division, APP Sinar Mas, Christopher Wong.

"Kapasitas baru ini memungkinkan kami menyediakan kertas dan kemasan yang diinginkan konsumen kami dengan dampak positif pada bumi selain juga memberikan dukungan terhadap perkembangan sektor ritel makanan dan minuman, serta layanan antar,” tambah Christopher.

Foopak Bio Natura adalah produk APP Sinar Mas yang telah memenangkan sejumlah penghargaan dan terbukti bebas plastik, merupakan pilihan yang tepat untuk layanan takeaway baik untuk makanan panas ataupun dingin, dapat digunakan untuk kemasan minuman maupun kemasan makanan siap saji.   

Berita Terkait : Koalisi Senang Oposisi Girang

APP Sinar Mas telah mengganti lapisan coating plastik yang berasal dari petrolium tradisional dengan teknologi aqua dispersion yang lebih inovatif dan revolusioner. Teknologi baru ini mampu membuat Foopak Bio Natura sepenuhnya berkelanjutan dan memiliki sertifikat biodegradable compostable karena mampu terurai dalam waktu 12 minggu.   

Foopak BioNatura Bio Natura juga memiliki tiga sertifikasi berikut: Plastic Free Certification-Flustix, TUV Home Compostable, EN 13432-Industrial Compostable serta sertifikat Cyclos-HTP karena dapat didaur ulang. 

Foopak Bio Natura merupakan rangkaian produk kemasan makanan yang tidak mengandung OBA (Optical Brighteners) maupun PFAS (Per-and polyfluoroalkyl substances). 

Berita Terkait : Genjot Program Vaksinasi, Sandi Optimis Desa Wisata Makin Laris

Seluruh produk Foopak juga telah bersertifikat FDA, Halal, REACH, dan BfR (diakui oleh Badan Pengawas produk makanan Amerika Serikat maupun Uni Eropa) untuk kontak langsung dengan makanan yang sudah diakui international, dan itu termasuk hardsized, tahan minyak serta tahan dengan suhu udara yang bisa digunakan untuk kemasan di dalam oven, microwave serta freezer seperti pelapis untuk roti, susu, serta makanan manis. [DIT]