Dark/Light Mode

PANDI Apresiasi BSN Dorong Percepatan Perumusan SNI Aksara

Sabtu, 7 Agustus 2021 11:55 WIB
Foto: Dok. PANDI
Foto: Dok. PANDI

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang mengajukan usulan perumusan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk Aksara Nusantara di respon baik oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Usulan PANDI melalui BSN secara resmi diajukan ke Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri - Kementerian Perindustrian sebagai sekretariat Komite Teknis 35-02 Komunikasi Digital.

Baca juga : SiCepat Ekspres Borong Penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2021

Pengusulan tersebut direspon dengan baik oleh sekretariat Komite Teknis 35-02 dengan mengajukan usulan mendesak untuk dua perumusan standar.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mendorong percepatan perumusan Standar Nasional Indonesia (SNI) Aksara Nusantara, menyusul pengajuan program Nasional Perumusan Standar (PNPS) dengan judul Tata Letak Papan Tombol Aksara Jawa dan Fon Aksara Jawa oleh PANDI.

Baca juga : Pegadaian Borong Penghargaan di GRC Award 2021

Dalam perkembangannya, saat ini standar yang akan diajukan yaitu untuk aksara Jawa, Sunda dan Bali secara bersamaan. Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektroteknika, Transportasi dan Teknologi Informasi BSN, Y. Kristianto Widiwardono di Jakarta melalui siaran persnya mengatakan bahwa pengusulan standar ini sebagai upaya melestarikan aksara-aksara Nusantara.

“Standar ini ditujukan agar setiap karakter aksara dapat digunakan pada perangkat TIK di platform, perangkat, maupun aplikasi yang ada, sehingga bagi penyedia perangkat lunak tersedia acuan dalam menampilkan karakter aksara tersebut secara utuh, dan bagi masyarakat lebih mudah dalam penggunaannya” ujar Kristianto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.