Dark/Light Mode

Bantu Tangani Covid, TNI Kirim 122 Nakes Ke Yogyakarta

Senin, 9 Agustus 2021 21:03 WIB
Ratusan tenaga kesehatan dari prajurit siswa perwira karier TNI diberangkatkan ke Yogyakarta, untuk membatu penanganan Covid-1
Ratusan tenaga kesehatan dari prajurit siswa perwira karier TNI diberangkatkan ke Yogyakarta, untuk membatu penanganan Covid-1

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 122 tenaga kesehatan (nakes) dari prajurit siswa perwira karier TNI diberangkatkan ke Yogyakarta, untuk membatu penanganan Covid-19. .

Nakes TNI ini berangkat menggunakan 2 pesawat Hercules C130 TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Keberadaan nakes TNI ini untuk membantu penanganan Covid-19 di lima titik wilayah Yogyakarta, yakni Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Kulon Progo, dan Gunung Kidul.

Baca juga : Bantu Tangani Covid, Telkom Donasikan Rp 1 Miliar

Tercatat, kasus kematian pasien positif virus Corona di Yogyakarta selama Juli 2021 tercatat 3.122. Jumlah tersebut, naik enam kali lipat dibandingkan Juni.

Saat memimpin upacara pemberangkatan, Kapuskes TNI Mayjen TNI, Tugas Ratmono mengatakan, penugasan ke Yogyakarta ini merupakan suatu kehormatan bagi prajurit siswa perwira karier TNI Khusus Tenaga Kesehatan.

"Negara sangat membutuhkan tenaga serta dedikasi kalian sebagai garda terdepan dalam menghambat laju penularan Corona di Tanah Air," kata Ratmono saat upacara pemberangkatan nakes TNI, Senin (9/8).

Baca juga : Kompak, Panglima TNI Dan Kapolri Bagikan Oksigen Di Makassar

Ia mengucapkan apresiasi dan terima kasih serta penghargaan yang tinggi atas bantuan nakes TNI untuk pemerintah dalam penanganan Covid-19 

“Saya atas nama Panglima TNI mengucapkan terima kasih hingga saat ini semua Perwira Siswa masih dalam keadaan sehat," katanya dikutip Antara.

Oleh karena itu, lanjut dia, TNI berkomitmen membantu Pemerintah untuk mempercepat vaksinasi dengan mengerahkan segenap kemampuan dalam rangka menghambat laju penyebaran Covid-19.

Baca juga : Bantu Tangani Covid-19, KSP Bagikan Masker Gratis Di Rawabadak

Adapun 122 prajurit siswa perwira karier TNI yang dikirim, terdiri dari 88 Dokter Umum, 11 Dokter Gigi, 4 orang Perawat, 8 orang Apoteker, 2 orang Fisioterapi, 1 orang Radiologi, 3 orang Ahli Gizi.

Kemudian, satu orang Elektromedis, 2 orang Analis Medis, satu Rekam Medis dan satu Perawat Gigi telah selesai melaksanakan tugas di Jabodetabek.

Sebelumnya, TNI telah 176 tenaga kesehatan ke Jakarta pada akhir Juni 2021.Pengiriman tenaga kesehatan ini untuk membantu penanganan pasien Covid-19 di beberapa titik di Jabodetabek, salah satunya Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.