Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu Tuntaskan Covid Di Indonesia, Inggris Nyumbang Alkes Rp 14 Miliar

Rabu, 4 Agustus 2021 21:11 WIB
Menlu Inggris Dominic Raab (Foto: PA)
Menlu Inggris Dominic Raab (Foto: PA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengumumkan, Inggris akan menyumbangkan peralatan kesehatan (alkes) penting ke Indonesia, untuk membantu penanganan pandemi, Senin (2/8).

Menyusul donasi pertama berupa 620 ribu dosis vaksin dari Inggris, yang telah tiba di Indonesia pada Senin (2/8).

Donasi vaksin dan alkes akan digunakan di garis depan di Indonesia, untuk membantu membatasi penyebaran pandemi, melindungi masyarakat, dan pada akhirnya menyelamatkan nyawa.

Kontribusi ini akan memperkuat kemitraan kesehatan Inggris, dan Indonesia yang lebih luas di berbagai bidang seperti pengembangan vaksin dan sekuensing genomik.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan, Inggris sebagai teman dekat dan mitra kerja berdiri bersama Indonesia, dalam perjuangan melawan Covid-19.

Baca juga : Bantu Selamatkan Pasien Covid, Tanoto Foundation Sumbang 3.000 Unit Oxygen Concentrator

"Kami membagikan 1 juta dosis vaksin dan peralatan medis, untuk mendukung respon dan pemulihan Indonesia dari pandemi. Tidak ada yang aman, sampai kita semua aman,” ujar Raab dalam keterangan resmi Kedutaan Inggris, Rabu (4/8).

Sementara itu, Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Rob Fenn mengatakan, donasi alat kesehatan ini menggarisbawahi komitmen Inggris untuk membantu Indonesia melawan virus Corona.

Seperti yang dikatakan Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi, satu-satunya cara untuk keluar dari pandemi ini adalah melalui kerja sama.

"Alat kesehatan ini dapat membantu mereka yang membutuhkan, menyelamatkan nyawa dan mempercepat pemulihan Indonesia,” jelas Fenn.

Terkait hal tersebut, Perwakilan UNICEF Indonesia Debora Comini mengatakan, melonjaknya Covid-19 di Indonesia adalah pengingat bahwa pandemi masih jauh dari usai.

Baca juga : Hyundai Investasi Rp 8 M Bangun Fasilitas Oksigen

"Ini akan terus menjadi ancaman bagi kita semua, kecuali kita bekerja sama untuk melawannya,” kata Comini.

“Melalui kontribusi tepat waktu dari Inggris, UNICEF akan mendukung respon cepat Indonesia sambil memastikan bahwa layanan penting untuk anak-anak yang paling rentan, terus berlanjut tanpa gangguan," jelasnya.

Inggris menyediakan vaksin dan juga peralatan kesehatan penting senilai 1 juta dolar AS (setara Rp 14 miliar) ke Indonesia.

Donasi peralatan tersebut akan digunakan untuk membeli konsentrator oksigen, yang akan digunakan untuk memberikan perawatan dan menyelamatkan jiwa mereka yang paling membutuhkan.

Donasi peralatan kesehatan bagi Indonesia, merupakan bagian dari upaya Inggris yang lebih luas untuk bersatu memerangi pandemi secara global.

Baca juga : PT Indonesia Power Siap Produksi Oksigen

Inggris telah memainkan peran utama dalam menyiapkan dan mendanai COVAX – mekanisme untuk membagikan vaksin COVID-19 ke 92 negara berkembang.

Inggris adalah donor bilateral terbesar ke-4 untuk COVAX dengan pendanaan sebesar 548 juta dolar AS (setara Rp 7,8 triliun).

Pada KTT G7 Juni lalu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan bahwa Inggris akan memberikan 100 juta dosis vaksin kepada COVAX,.dan negara-negara yang paling membutuhkannya hingga tahun depan.

Selain dari vaksin yang dibagikan melalui COVAX, Inggris telah menyetujui lebih dari 4 juta dosis yang akan dibagikan secara bilateral pada akhir September dengan negara tujuan Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand, Kenya, dan negara-negara persemakmuran di Karibia.

Sebanyak 3,5 juta dosis vaksin akan dibagikan dengan negara-negara ASEAN. Ini mencerminkan kemitraan strategis Inggris dengan ASEAN. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.