Dark/Light Mode

Cari Solusi Atasi Masalah Pengiriman Barang

Ketum Kadin, Mendag, Dan Menhub Duduk Bareng Pengusaha Kargo Laut

Rabu, 1 September 2021 19:15 WIB
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid (kanan),  Menteri Perdagangan  Muhammad Lutfi (kiri), dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) saat berdiskusi dengan pelaku usaha di bidang pengiriman barang via laut atau kargo laut, di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (31/8/2021). (Foto: Humas Kadin Indonesia)
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid (kanan), Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (kiri), dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) saat berdiskusi dengan pelaku usaha di bidang pengiriman barang via laut atau kargo laut, di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (31/8/2021). (Foto: Humas Kadin Indonesia)

 Sebelumnya 
Ia meminta, perwakilan dari perusahaan jasa kargo laut, dan asosiasi membantu menyelesaikan permasalahan. Ditegaskannya, jika diperlukan, Pemerintah siap membangun konsolidator di pelabuhan, untuk memanfaatkan ruang kosong di setiap kontainer yang berangkat dari Indonesia.

Serupa dengan Mendag, Menhub Budi Karya Sumadi juga memberikan penjelasan sama. Menurutnya, keterbatasan kapasitas dari para penyedia jasa kargo laut, membuat banyak barang tidak bisa dikirim dan harga jasa meningkat drastis.

Baca juga : DPR: Pak Mendag, Please Bela Para Pengusaha Lokal

"Dari pertemuan ini, kita bertemu bukan hanya untuk berdiskusi, tapi juga untuk mencari solusi dari permasalahan ini," ujarnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perhubungan Denon Prawiraatmadja, menambahkan bahwa kondisinya saat ini, impor Indonesia lebih besar dari pada ekspor. Melalui rapat terbatas ini, diharapkannya, Kadin Indonesia dan Pemerintah bisa membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Baca juga : Penurunan Covid Karena Langkah Jitu Pemerintah

"Akan ada pertemuan lanjutan bagi para eksportir nanti. Harapan kami, dengan adanya forum diskusi ini, dapat memberikan tawaran solusi dan makin menguatkan kolaborasi Pemerintah dengan Kadin Indonesia" tutupnya. [SRF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.