Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dihadiri Wagub Jambi, PTPN VI Gelar Peremajaan Sawit Rakyat

Jumat, 3 September 2021 17:03 WIB
PTPN VI Jambi melakukan peremajaan sawit rakyat di Desa Panca Bakti, Kecamatan Sungai Bahar, Jambi. (Foto: Ist)
PTPN VI Jambi melakukan peremajaan sawit rakyat di Desa Panca Bakti, Kecamatan Sungai Bahar, Jambi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PTPN VI Jambi melakukan peremajaan sawit rakyat di Muaro Jambi dengan menggandeng koperasi. Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Abdullah Sani.

Bertempat di Desa Panca Bakti, Kecamatan Sungai Bahar, prosesi penanaman awal kemitraan seluas 55,47 hektar tersebut, digelar, Rabu (1/9). Tak tanggung-tanggung, penyerahan program kemitraan yang menggandeng Koperasi Produsen Bakti Nusantara 56 tersebut, dihadiri langsung oleh Wagub Jambi Abdullah Sani. Turut dihadir Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, beserta Anggota DPRD Muaro Jambi Robinson Sirait.

Dalam sambutannya, Direktur PTPN VI M Iswan Achir menjelaskan, program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) pola kemitraan tersebut  telah melalui beberapa tahapan. Dimulai dari, pengumpulan calon petani PSR, verifikasi, hingga penyaluran dana BPDPKS yang memakan waktu kurang lebih satu tahun.

Baca juga : Siap Pimpin Pertandingan Liga 1, PSSI Gelar Penyegaran 81 Wasit

Tak hanya itu, PTPN VI juga melakukan pendampingan dalam pemanfaatan dana replanting. Sehingga, program pemerintah pusat dalam peremajaan sawit, yang selama ini dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat terealisasi dengan baik.

"Dengan peremajaan tanaman kelapa sawit ini, ke depan petani dapat memperoleh hasil yang baik. Meningkatkan kesejahteraan petani, dan juga meningkatkan perekonomian di Sungai Bahar," ujar Iswan.

PTPN VI juga menyerahkan sertifikat eks Pir-trans Sungai Bahar. Tak ayal, hal ini mendapat apresiasi dari Wagub Abdullah Sani. Kata dia, sejauh ini kehadiran PTPN VI di Jambi telah membawa sumbangsih yang baik di tengah masyatakat.

Baca juga : Kadin Bersama Pemprov DKI Gelar Vaksinasi Buat Ekspatriat

Dari keseluruhan sektor perkebunan di Jambi, Kelapa Sawit merupakan komoditas terbesar yang menyumbang 1 juta hektar. Sementara, untuk Muaro Jambi sendiri, terdapat kurang lebih 4.000 hektar kebun sawit yang akan diremajakan.

Tak ayal, dengan kehadiran PTPN VI dengan program kemitraan PSR, dapat menunjang program kerja Pemerintah Pusat hingga ketingkatan daerah.

"Melalui pola kemitraan ini, diharapkan pelaksanaan peremajaan kelapa sawit akan lebih baik. Sehingga, mampu meningkatkan pendapatan petani kelapa sawit. Insyaallah meningkatkan kemampuan, dan pengembangan modal sosial. Sehingga, mitra PTPN VI ini menjadi masyarakat yang komunikatif," jelas Wagub Abdullah Sani.

Baca juga : Bantu Tangani Pandemi, PBSI Gelar Vaksinasi Dan Bakti Sosial

Usai memberi sambutan, Wagub Jambi didampingi Direktur PTPN VI melakukan penanaman secara seremonial di lahan yang melibatkan 380 petani sawit. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.