Dark/Light Mode

Subsidi Sering Dinikmati Orang Mampu

Beli Elpiji 3 Kg Wajib Pake Kartu Sembako

Selasa, 7 September 2021 06:35 WIB
Tabung Gas Elpiji 3 Kg. (Foto: Istimewa)
Tabung Gas Elpiji 3 Kg. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Pengamat energi dari En­ergi Watch Mamit Setiawan mengatakan, skema subsidi elpiji 3 kg yang akan diubah dari barang menjadi orang, merupakan kebijakan positif. Skema itu akan sangat baik bagi masyarakat penerima sub­sidi dan keuangan negara.

“Selama ini, beban keuangan negara cukup berat. Subsidinya tidak tepat sasaran karena pe­makainya adalah adalah keluar­ga mampu,” kata Mamit kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Bersama Mahasiswa, Baikhati.id Salurkan Ribuan Paket Sembako

Menurut dia, setiap tahun kuota elpiji 3 kg yang disiap­kan pemerintah selalu naik. Hal ini akan teratasi jika sub­sidi diberikan kepada orang, bukan barang.

Kendati begitu, diakui Mamit, ini bukan hal mudah. Salah satu kendala penyaluran subsidi ke orang adalah data. Sedangkan masing-masing lembaga pemerintah terkait subsidi mempunyai data yang berbeda.

Baca juga : Pasar Tanah Abang Dibuka, Pedagang Dan Pengunjung Wajib Bawa Kartu Vaksin

“Sinkronisasi data sangat penting. Jangan sampai tumpang tindih dan salah memberikan subsidi. Ini akan menimbul­kan permasalahan tersendiri di masyarakat,” ucap Mamit.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah mengatakan, kunci dari subsidi tepat sasaran adalah membenahan data dan pengawasan di lapangan.

Baca juga : Bantu Masyarakat Yang Isoman, Pemkot Tangerang Siapkan 8 Ribu Paket Sembako

Selama ini, dua persoalan itu tidak pernah terselesaikan. Aki­batnya, penyaluran subsidi tidak pernah tepat sasaran.

“Jadi, apa pun skema yang akan dijalankan pemerintah, benahi dulu masalah dasarnya. Kalau tidak, masalah tidak akan hilang,” tegas Trubus. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.