Dark/Light Mode

Quran Best, Alquran Digital Rasa Cetak

Senin, 13 Mei 2019 23:20 WIB
Quran Best, Alquran Digital Rasa Cetak

RM.id  Rakyat Merdeka - Berkembangnya teknologi semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan apapun. Termasuk membaca Alquran di smartphone.

Sekelompok pengembang aplikasi digital asal Kota Bandung berhasil membuat Alquran digital yang cukup istimewa. Alquran digital yang diberi nama Quran Best Indonesia memiliki banyak fitur yang bisa memudahkan masyarakat membaca kitab suci Alquran kapan dan dimanapun.

Founder Quran Best Indonesia Idham Fitriadhi menyatakan, aplikasi buatannya memiliki fitur lengkap dibandingkan dengan aplikasi yang ada. Selain itu, fitur Quran Best ini memiliki tampilan menyerupai Alquran cetak.

“Quran Best ini bisa kita nikmati senyaman Quran cetak. Kami yang bergiat di percetakan Alquran menyiapkan ini semudah Alquran cetak,” katanya.

Baca juga : Pisang Lokal Makin Diminati Pasar Ekspor

Menurutnya, Quran Best memiliki fitur yang cukup lengkap dibanding aplikasi Quran digital lainnya. Quran Best memiliki 7 jenis AlQuran dalam satu aplikasi sehingga memudahkan penggunanya menggunakan Quran Best sesuai kebutuhan.

Ia menyebutkan, ada fitur Quran dengan tulisan Khat Indonesia yang bisa digunakan menggunakan tajwid dan non tajwid. Selain itu disediakan juga bagi pengguna yang ingin membaca dengan khat Madinah.

Fitur lainnya adalah disediakannya Quran per kata sisip baris. Fitur ini menjadi satu-satunya yang baru ada di Indonesia. “Kemudian ada juga Quran per ayat. Nah Quran per ayat itu bisa kita cari tentang shalat, shalatnya nanti keluar semua. Mencari doa, doa keluar semua,” tuturnya.

Ia mengaku, aplikasi ini masih butuh pengembangan lebih lanjut. “Kita sedang perbaiki ingin seperti Google, kalau misalkan sekarang pakai EYD karena terjemahan Kemenag jadi harus shalat, nggak boleh sholat, nggak ketemu nanti. Nah kalau google kan similarnya sudah kena. Kita akan buatkan itu juga,” ungkapnya.

Baca juga : Ulang Tahun ke-51, Amran Didoakan Bisa Terus Bantu Petani

Selain itu, di dalamnya juga terdapat fitur kiblat dan pengingat jadwal shalat wajib. Sehingga, bisa mengingatkan penggunanya untuk melaksanakan shalat wajib dimanapun berada.

Fitur menarik lainnya adalah adanya bookmark ayat-ayat Alquran dengan tema-tema populer yang secara umum banyak dibutuhkan. Seperti ayat-ayat yang berhubungan dengan rezeki, larangan riba.

Idham mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang melengkapi Quran Best dengan fitur audio. Sehingga pengguna bisa mendengarkan tilawah Quran hingga 30 juz dari para Qori terbaik.

“Kebetulan karena audio kita baru ada per-ayat dari tujuh imam di Timur Tengah jadi kalau diklik dia putus-putus karena per-ayat sistemnya. Nah nanti kita akan buatkan tombol khusus audio. Nanti Muzammil Hasballah yang 30 juz. Jadi pengen denger Muzammil 30 juz tinggal klik tanpa terpotong. Itu terutama untuk tunanetra,” ujarnya.

Baca juga : Astra Kenalkan Empat Produk Digitalnya

Ia mengatakan, aplikasi ini dihadirkan secara gratis bagi umat Muslim. Pengguna tinggal mendownload melalui PlayStore atau Appstore untuk menggunakannya. Diharapkannya dengan adanya aplikasi ini umat Muslim bisa semakin giat membaca Quran.

Untuk membuat aplikasi praktis ini, ternyata tidak diperlukan waktu yang terlalu lama. Idham mengatakan kalau aplikasi tersebut mulai dibuat pada akhir 2018, dan sebulan sebelum peresmian, aplikasi tersebut sudah siap pakai. (ASI)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.