Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berdayakan Warga Lokal, Pertamina Rosneft Tebar Beasiswa Studi Migas

Jumat, 10 September 2021 17:15 WIB
Penandatanganan perjanjian kerja sama Program Beasiswa D3 PEM Akamigas di Pendopo Kabupaten Tuban. (Foto: ist)
Penandatanganan perjanjian kerja sama Program Beasiswa D3 PEM Akamigas di Pendopo Kabupaten Tuban. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (Pertamina Rosneft) menggelar Program Beasiswa Diploma III (D3) minyak dan gas (migas) yang ditujukan bagi para pemuda dan pemudi yang tinggal di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 

Pertamina Rosneft meyakini bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang yang paling penting sebagai modal dasar pembangunan sebuah negara. Namun, akses pendidikan masih menjadi pekerjaan besar bagi negara berkembang, termasuk Indonesia, terutama di tengah krisis pandemi. 

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat jumlah anak dan remaja yang putus sekolah di era pandemi mencapai 258 juta orang di seluruh dunia. Hal ini terungkap dalam laporan Global Education Monitoring Report 2020 yang disusun oleh lembaga PBB bidang pendidikan dan kebudayaan yakni United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco).

Baca juga : Kilang Pertamina Internasional Kian Serius Transformasi Bisnis

Oleh sebab itu, Pertamina Rosneft berupaya membantu memberdayakan masyarakat dengan memberikan akses pendidikan melalui Program Beasiswa Diploma III (D3) di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas, Cepu. Perseroan mengalokasikan dana untuk membiayai mahasiswa untuk kuliah di Akamigas, yang merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 

Program ini sekaligus sebagai wujud komitmen perusahaan untuk mewujudkan salah satu aspek Tujuan Pembangunan Berkelanjutan No. 4 yaitu Pendidikan Berkualitas kepada masyarakat Tuban.

“Program beasiswa ini merupakan salah satu upaya untuk menunjukkan bahwa proyek GRR Tuban dan PT Pertamina Rosneft serius dalam menjalankan kegiatan operasi di Tuban dengan tidak hanya menjalankan bisnis semata tetapi kami ingin mengajak masyarakat Tuban, Jenu khususnya untuk maju dan berkembang bersama,” ujar Presiden Direktur Pertamina Rosneft, Kadek Ambara Jaya, pada acara seremoni penandatanganan perjanjian kerja sama Program Beasiswa D3 PEM Akamigas di Pendopo Kabupaten Tuban, Rabu (8/9) lalu.

Baca juga : Basarah: Pernyataan Amien Rais Berbasis Halusinasi Dan Niat Provokasi

Program beasiswa ini, lanjut dia, adalah bagian dari tanggung jawab perusahaan dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM), khususnya putra-putri daerah di area sekitar operasi perusahaan. Program beasiswa serupa penah dilaksanakan pada 2019, yang diberikan kepada 21 anak dari area operasi perusahaan di Kecamatan Jenu. 

Namun pada 2020, program ini terputus karena Pertamina Group fokus menangani program darurat penanggulangan Covid-19. Pada tahun ini, Pertamina melalui Pertamina Rosneft kembali melanjutkan program beasiswa tersebut.

Kadek juga berharap, agar para penerima beasiswa ini kelak dapat memanfaatkan dengan baik kesempatan ini untuk mengembangkan diri secara optimal dan berupaya yang terbaik ketika menempuh pendidikan nanti. “Setelah dari PEM Akamigas, adik-adik semua akan ditantang untuk dapat berkontribusi terhadap kemajuan Tuban dan diharapkan menjadi energi baru bagi kilang GRR Tuban di masa yang akan datang,” lanjutnya.

Baca juga : Kemendes Luncurkan Gernas BBI Go Borneo, Pertamina Siap Dorong Transformasi Digital

Wakil Bupati Tuban Riyadi dalam sambutannya juga turut menitipkan pesan kepada para penerima beasiswa untuk mengembangkan diri seoptimal mungkin ketika mengikuti kegiatan perkuliahan. “Tolong kesempatan untuk berkuliah di PEM Akamigas ini dapat dijaga dan diperlihara dengan baik. Kami berharap anak-anak Tuban dapat menjadi yang terbaik nantinya,” pintanya.

“Kami juga berharap kerja sama dan sinergi antara Pertamina Rosneft dengan Kabupaten Tuban dapat selalu dibangun, dijaga, dan ditingkatkan agar seluruh masyarakat Tuban dapat merasakan berkah dari kehadiran Pertamina Rosneft,” tambahnya Riyadi.

Setelah menyaring total 97 pendaftar, pada Program Beasiswa D3 PEM Akamigas tahun ini, Pertamina Rosneft memberangkatkan 26 orang siswa yang berasal dari 7 desa di kecamatan Jenu, yaitu Beji, Jenggolo, Rawasan, Remen, Sumurgeneng, Temaji, dan Wadung. Para calon mahasiswa akan berangkat ke Cepu pada pertengahan September 2021 untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di asrama PEM Akamigas. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.