Dark/Light Mode

Hilangkan Ego Sektoral Dan Permudah Komunikasi

Merger Pelindo Bikin Bisnis Pelabuhan Lebih Efisien…

Rabu, 15 September 2021 06:50 WIB
Rencana Penggabungan Pelindo I sampai IV. (Foto: Pelindo I).
Rencana Penggabungan Pelindo I sampai IV. (Foto: Pelindo I).

 Sebelumnya 
Ia memperkirakan, total aset atas penggabungan keempat perusahaan ini akan mencapai Rp 112 triliun, dengan total pendapatan sebesar Rp 28,6 triliun.

Saat ini, pihaknya tengah menunggu penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Penggabungan BUMN Pelabuhan. Dan selanjutnya akan berlaku efektif setelah penandatanganan Akta Penggabungan. “Proses integrasi Pelindo rencananya akan terlaksana awal Oktober,” jelasnya.

Baca juga : Pelindo Sinergikan Bisnis Anak Usaha

Mantan bos Bank Mandiri ini menjelaskan, merger menjadi opsi terbaik untuk merestrukturisasi keempat BUMN pelabuhan tersebut, dibandingkan holding seperti yang diterapkan pada perusahaan pelat merah lainnya. Sebab, langkah merger dapat memaksimalkan sinergi dan penciptaan nilai tambah.

Nantinya, tiga Pelindo dilebur ke Pelindo II, dan dilakukan perubahan nama menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Baca juga : Pertamina Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele Di Tasikmalaya

“Dalam rancangan penggabungan, Pelindo II menjadi perusahaan penerima penggabungan dan Pelindo I, Pelindo III dan Pelindo IV akan bubar demi hukum tanpa proses likuidasi,” tegasnya.

Ditegaskannya, Pelindo IIhanya berperan sebagai strategic holding, bukan leading sector. Artinya, setelah merger akan dibentuk empat perusahaan (entitas) baru atau subholding sebagai operator. Yakni, subholding peti kemas, non peti kemas, logistik, dan marine services.

Baca juga : Bahlil: Muluskan Investasi, Kepala Daerah Kudu Bisa Penuhi Kebutuhan Lahan

“Jadi, Pelindo muncul sebagai perusahaan yang baru dan memiliki bisnis model yang lebih fokus pada segmen-segmen tersebut,” terangnya, di Jakarta, Rabu (1/9).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.