Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu UMKM

DANA Digitalisasi 1.000 Desa Di Seluruh Indonesia

Sabtu, 18 September 2021 12:44 WIB
Aplikasi DANA. (Foto: ist)
Aplikasi DANA. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) punya peran besar dalam perekonomian Indonesia. Sektor ini terbukti tahan banting di tengah pandemi Covid-19. 

Salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas dan daya saya saing UMKM adalah dengan mendorong mereka agar bisa terintegrasi dengan ekosistem ekonomi digital. Dengan terhubung dalam ekosistem digital UMKM punya kesempatan yang lebih besar terhadap akses pembiayaan dan pasar.

DANA, sebagai dompet digital Indonesia yang punya misi untuk menjadikan teknologi finansial semakin inklusif, menyadari betapa pentingnya bagi UMKM untuk go digital. Karena itu, DANA berkomitmen terus mendorong pelaku usaha, khususnya UMKM untuk mengadopsi teknologi digital. 

Baca juga : Petani Diminta Bisa Beradaptasi Dengan Perubahan Iklim

Komitmen ini diwujudkan melalui fitur DANA Bisnis yang terus dikembangkan dan diperbarui guna membantu UMKM mengembangkan usahanya dalam berbagai kondisi. Melalui DANA Bisnis, UMKM mendapat edukasi dan pelatihan serta mempromosikan mereka. 

“Di masa pandemi, pendampingan dan pelatihan tetap kami lakukan secara virtual agar penyerapan literasi keuangan digital berjalan optimal. Hasilnya, jumlah mitra UMKM DANA Bisnis yang telah terdigitalisasi kian tumbuh dan literasi keuangan digital mereka ikut menguat,” ujar CEO dan Co-Founder DANA, Vince Iswara, Sabtu (18/9).

Sejak diluncurkan, jumlah pengguna DANA Bisnis terus bertumbuh. Kini jumlahnya sudah melampaui 300.000 mitra yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang berkisar 200.000 mitra.  

Baca juga : Pojok Baca Digital Hadir Di Perbatasan Indonesia

Secara umum, para mitra usaha juga mencatatkan peningkatan transaksi sejak memanfaatkan DANA Bisnis. Bahkan, selama penerapan PPKM, pemanfaatan DANA Bisnis mampu mendorong transaksi para pelaku usaha.

Transaksi menggunakan DANA Bisnis selama Januari-Juni 2021 tercatat naik lebih dari 35 persen dibandingkan periode Juli-Desember 2020. Sementara jumlah mitra aktif pada Agustus 2021 naik 133 persen dibandingkan Agustus tahun lalu.

Peta penyebaran DANA Bisnis terpantau ikut meluas. Mitra DANA Bisnis tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja, tetapi ikut merambah ke area baru seperti Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Bahkan, berdasarkan catatan DANA, hingga September 2021, sudah bertambah lebih dari 1.100 desa baru yang telah didigitalisasi oleh DANA melalui fitur DANA Bisnis.

Baca juga : Kepala BPIP Dan Mendes: Jadikan Desa Sebagai Masa Depan Indonesia

Guna mendorong kemajuan bisnis para mitranya di tengah kompetisi bisnis digital yang makin sengit, fitur DANA Bisnis terkini memungkinkan pengguna membuat katalog produknya di aplikasi DANA, layaknya di marketplace. Mitra DANA Bisnis bisa menampilkan hingga 15 produk dalam katalognya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.