Dark/Light Mode

Peruri Gaet Telkom Perkuat Transaksi Keuangan Digital

Senin, 20 September 2021 08:24 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat menghadiri kolaborasi Peruri dan Telkom dalam peluncuran e-meterai atau meterai elektronik dan surat elektronik terintegrasi di Jakarta. (Foto: Dok. Peruri).
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat menghadiri kolaborasi Peruri dan Telkom dalam peluncuran e-meterai atau meterai elektronik dan surat elektronik terintegrasi di Jakarta. (Foto: Dok. Peruri).

 Sebelumnya 
Ke depan, e-meterai akan diterapkan di berbagai transaksi elektronik masyarakat yang masuk dalam kategori transaksi dikenakan bea meterai.

Ia memastikan, penerapan e-meterai ini semata-mata untuk memberikan kepastian hukum atas dokumen elektronik. Serta mengoptimalkan penerimaan negara dengan tarif bea meterai yang berlaku saat ini.

Sejauh ini, layanan digital Peruri merupakan transformasi yang dilakukan perseroan dalam memasuki era digital. Tentu­nya dengan tetap mengedepankan core competence sebagai penjamin keaslian.

Baca juga : KKP Bekuk Pelaku Pemboman Ikan Di Sulsel

Hal ini sesuai amanah Pera­turan Pemerintah Nomor 6 tahun 2019, yang memperluas penu­gasan Peruri tidak hanya mencetak uang dan juga dokumen sekuriti negara, tapi juga kepada layanan digital sekuriti.

“Pada 2019 Peruri meluncur­kan tiga produk digital, yaitu Peruri Code untuk penjamin keaslian barang, Peruri Sign un­tuk penjamin keaslian dokumen. Dan Peruri Trust untuk sistem in­tegrasi dan real monitoring serta track and trace,” jelasnya.

Peruri juga menggandeng Telkom untuk penyediaan layanan yang dilengkapi digital signature serta secure encryp­tion or decryption dalam proses pengiriman dan penerimaan nota dinas guna menjamin keamanan dan kerahasiaan informasi.

Baca juga : Harhubnas 2021, Angkasa Pura II Perkuat Sistem Transportasi Nasional

“Kami juga meluncurkan sistem surat elektronik terintegrasi, sebuah sistem nota dinas elektronik yang dapat digunakan secara real-time, baik internal masing-masing maupun antar BUMN dan Kementerian BUMN,” akunya.

Terkait digitalisasi e-meterai serta surat elektronik terintegrasi, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menambahkan, pihaknya dapat mengambil peran sebagai digital hub untuk BUMN dan korporasi di Indonesia.

Ia meyakini, digitalisasi akan mampu meningkatkan daya sa­ing bangsa untuk sejajar dengan bangsa lain.

Baca juga : PSSI Godok Teknis Pelaksanaan Liga 2

“Sinergi ini menjadi langkah Telkom dan Peruri dalam mem­berikan kontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi nasional digital Indonesia, yang akan memberikan value ter­baik,” tutur Ririek.

Ia berharap, semua pihak da­pat saling memberikan manfaat dan nilai tambah sesuai kapabili­tasnya masing-masing.

“Kami juga berharap, ini men­dukung transaksi keuangan digital yang akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi digital In­donesia,” tukas Ririek. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.